Ban Serep Perjalanan ke Akhirat - Tinta Media

Sabtu, 02 September 2023

Ban Serep Perjalanan ke Akhirat



Tinta Media - Suatu perjalanan bisa saja ada halangan. Misalnya saja ban kempes. Sehingga pabrikan mobil pun sudah menyiapkan ban serep. Beginilah cara berpikir yang waras.

Namun anehnya. Sudah tahu perjalanan ke negeri akhirat itu sangat sangat sangat jauuuuh dan lamaaaaa. Bahkan selama lamanya. Banyak bahkan mayoritas manusia tak mau melakukan persiapan apa pun. 
Hidup sesuka hati. Mengikuti hawa nafsu
 Suka suka saja. Terus berharap mati selamat di akhirat. Mimpi yang jauh dari realitas bukan?

Padahal persiapan menuju ke akhirat mesti satu paket yakni beriman dan beramal Sholih. Beriman dengan benar dan mengikuti syariat Islam secara kaffah. Baru berpeluang selamat.

Lha ini, beriman saja ga mau. Bahkan membenci Islam wal muslimin. Menolak Islam bahkan melecehkan Islam. Memusuhi Islam dll.

Begitu pun berbuat suka suka. Biasa mabuk, zina, judi, riba bahkan lagibete. Na'udzubillah min dzalik. Benar benar ngawur kan?

Menolak syariat Islam. Jadi penguasa malah sukanya hukum jahiliyah. memusuhi para pengemban dakwah dan para ulama yang lurus. Bener bener malah nantang Allah bukan?

Beginilah orang yang bodoh alias dungu. 

Baginda Nabi Saw telah bersabda dalam hadist riwayat at-Tirmidzi sebagai berikut:

عَنْ أبي يَعْلَى شَدَّادِ بْن أَوْسٍ عن النَّبيّ ﷺ قَالَ: الكَيِّس مَنْ دَانَ نَفْسَهُ, وَعَمِلَ لِما بَعْدَ الْموْتِ, وَالْعَاجِزُ مَنْ أَتْبَعَ نَفْسَه هَواهَا, وتمَنَّى عَلَى اللَّهِ رواه التِّرْمِذيُّ وقالَ: حديثٌ حَسَنٌ, وقال الترمذي وغيره من العلماء: معني (دان نفسه): أي حاسبها

Dari Syaddad bin Aus dari Nabi SAW bersabda: ”Orang yang cerdas adalah orang yang menyiapkan dirinya dan beramal untuk hari setelah kematian. Sedangkan orang yang bodoh adalah orang yang jiwanya selalu mengikuti hawa nafsunya dan hanya berangan-angan kepada Allah.”

Moga kita tidak termasuk orang bodoh. Sebaliknya menjadi orang yang pintar dan cerdas. Yakni bersiap menyambut kehidupan akhirat dengan sungguh sungguh.

Yuk kita bersiap buat ban serep ke akhirat![]

Oleh: Ustadz Abu Zaid
Tabayyun Center
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :