Ada Anomali pada Sistem Demokrasi - Tinta Media

Senin, 04 September 2023

Ada Anomali pada Sistem Demokrasi


 
Tinta Media - Cendekiawan Muslim Ustadz Ismail Yusanto (UIY) mengungkapkan ada anomali (keanehan) pada sistem demokrasi.
 
“Dalam demokrasi ada anomali (keanehan), di satu sisi mereka selalu mengatakan bahwa salah satu prinsip penting dari demokrasi adalah kedaulatan rakyat, tapi di sisi lain mereka membuat satu aturan  presidential threshold 20%,” tuturnya dalam acara Focus To The Point: Bongkar Pasang Koalisi, Kepentingan Siapa? Sabtu (2/9/2023) Dikanal Youtube UIY Oficcial.
 
Dengan presidential threshold ini, lanjutnya, kedaulatan rakyat tidak bisa berjalan. “Jangan lagi kedaulatan rakyat, kedaulatan partai pun tidak, mereka yang punya suara atau jumlah suara  tidak sampai 20% tidak mungkin dia melakukan atau bisa mengambil langkah sendiri mencalonkan calon presiden,” ujarnya.
 
Bahkan, sambungnya,  gabungan partai yang tidak  sampai 20% pun juga tidak  bisa. “Jadi dimana letak kedaulatan rakyat itu wong kedaulatan partai pun tidak bisa,” katanya.
 
Dengan presidential threshold 20% ini, lanjutnya, rakyat memilih presiden yang sudah dipilihkan oleh partai politik. “Dan ini berarti rakyat tidak berdaulat,” pungkasnya. [] Setiyawan
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :