UIY: Tidak Cukup Melihat Pinjol dari Sisi Legal atau Ilegal - Tinta Media

Jumat, 18 Agustus 2023

UIY: Tidak Cukup Melihat Pinjol dari Sisi Legal atau Ilegal

Tinta Media - Cendekiawan Muslim Ustadz Muhammad Ismail Yusanto (UIY) mengingatkan peminjam dan pemerintah, agar tidak melihat pinjaman online (pinjol) sekadar permasalahan legal atau tidak legal (ilegal).
 
"Tidak cukup sekadar melihat pinjol ini legal atau tidak legal," ujarnya dalam program Focus to The Point: Pinjol Menggurita Rakyat Makin Sengsara, di kanal YouTube UIY Official, Senin (14/8/2023).
 
Ia pun menegaskan, peminjam dan pemerintah harus melihat pinjol sebagai fenomena dari rapuhnya kondisi ekonomi masyarakat yang tidak bisa dipisahkan dari riba.
 
“Negara cenderung diam dalam masalah ini. Meski sudah ada upaya membersihkan pinjol yang  ilegal dan menyerukan kepada masyarakat untuk memanfaatkan yang legal. Tapi itu tidak cukup. Mengapa? karena jangan lagi yang ilegal, yang legal pun sebenarnya juga mengandung masalah," ucapnya.
 
Ia pun  menyatakan bahwa permasalahan utama pinjol terletak pada ribanya. UIY menyayangkan permasalah riba ini seperti  menjadi faktor yang tidak  harus diperhatikan, baik oleh peminjam maupun oleh pemerintah.
 
Islam
 
Dari sudut pandang Islam,  tuturnya, dalam hadits disebutkan satu dirham riba dosanya lebih berat daripada 36 kali berzina.
 
"Satu dirham itu kurang-lebih sekitar 95.000, itu ini hari itu kan kecil sekali. Tapi ternyata jauh lebih berat daripada 36 kali berzina. Apalagi kalau rate-nya itu sangat tinggi," tuturnya.
 
Pinjol menurutnya  adalah persoalan besar. Efeknya luar biasa, tidak hanya berdosa, tetapi juga punya efek terhadap ekonomi.
 
"Pasti ekonomi dari orang-orang yang terkena jeratan riba ini ini alih-alih sembuh, tapi malah justru secara ekonomi semakin parah,” ujarnya.
 
Selain itu, sambungnya, secara kejiwaan atau psikologis juga menimbulkan tekanan yang kemudian terjadi banyak kasus bunuh diri dan tindak kekerasan hingga pembunuhan.
 
Terakhir, UIY mengatakan, persoalan pinjol dengan beragam dampak buruknya tersebut penting sekali untuk diperhatikan.
 
"Dan disadarkan bahwa riba tidak akan pernah memberikan keberkahan," pungkasnya. [] Muhar
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :