UIY: Jabatan Itu Pengabdian - Tinta Media

Selasa, 08 Agustus 2023

UIY: Jabatan Itu Pengabdian


 
Tinta Media – Cendekiawan Muslim Ustadz Ismail Yusanto (UIY) mengatakan bahwa  jabatan itu pengabdian.
 
“Jabatan itu pengabdian. Tapi itu jika anda masih kokoh berpegang pada ungkapan, the end does not justify the means (tujuan tak boleh menghalalkan segala cara),” tuturnya di akun TikTok pribadinya, Kamis (27-7-2023).
 
Tapi, kata UIY, itu masa lalu, sekarang justru era berkebalikan dari itu, the end justify the means (tujuan menghalalkan segala cara).
 
“Akibat dari tidak berjalannya sistem jabatan itu untuk pengabdian, akan muncul politikus yang demagog, yaitu penguasa yang pandai menghasut dan membangkitkan semangat rakyat untuk dirinya memperoleh kekuasaan,” ujarnya.
 
Menurutnya penguasa semacam ini akan  merayu masyarakat dengan beribu wajah, sebanyak wajah yang diharapkan rakyat.
 
Berbahaya

UIY mengingatkan bahwa  politikus demagog sangat berbahaya bagi sistem pemilihan kepemimpinan karena menghalalkan segala cara dan tipu daya serta selalu mencari kambing hitam atas segala masalah.
 
“Dalam agama, profil demagog  itu tampak jelas pada kisah Fir’aun dan rezimnya. Disana ada Haman menteri segala urusan. Ada juga Qorun pengusaha rakus,” ucapnya memberi contoh.
 
Politikus demagog lanjut UIY,  mempunyai sifat sewenang-wenang, menindas, tidak berorientasi kebahagiaan rakyatnya, tapi hanya mengejar kepentingan diri, keluarga dan kroninya.
 
“Obsesinya hanya pada pembangunan infrastruktur (dzil autaadi)  itu seperti yang disebut dalam Al-Qur’an. Jangan salah, bukan infrastruktur untuk rakyat, tapi untuk diri dan kroni,” tukasnya.
 
UIY menegaskan, jabatan di dalam Islam itu untuk pengabdian kepada masyarakat. Untuk menciptakan sebuah negara maju yang mendapat berkah  dan ampunan Allah Swt.
 
“Negara yang dikuasai oleh para pejabat demagog  sama sekali tak bisa diharapkan. Visi baldatun  thoyyibatun warobbun ghofuur (ditangan pejabat demogog), bagaikan ilusi,” tutupnya. [] Triyono.
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :