PKAD: Dua Instrumen yang Membuat Indonesia Terjebak - Tinta Media

Minggu, 06 Agustus 2023

PKAD: Dua Instrumen yang Membuat Indonesia Terjebak


 
Tinta Media - Analisis Senior Pusat Kajian Analisis Data (PKAD) Fajar kurniawan menyampaikan dua instrumen yang membuat Indonesia terjebak.
 
“Dua instrumen yang membuat Indonesia terjebak. Kalau kita tidak lepas dua-duanya, maka saya kira siapapun yang akan menjadi penguasa nanti di 2024, apakah dia kelanjutan rezim saat ini, ataupun tokoh baru yang katanya membawa perubahan, akan tetap terjebak di dalam hal itu,” tuturnya dalam diskusi dengan tema: Waspadai Investasi Cina di Tengah Update Kasus Rocky Gerung!! di kanal Youtube PKAD, Kamis (3/8/2023).
 
Fajar  lalu menjelaskan dua instrumen tersebut. “Pertama, dalam konteks ekonomi, negeri ini mengadopsi sistem ekonomi kapitalisme. Itu bagian dari instrumen negara-negara barat untuk menjebak Indonesia agar tetap sejalan seiring dalam permainan mereka,” ungkapnya.
 
Kedua, lanjutnya, terkait aspek politik, yang diambil adalah jalan politik demokrasi. “Ini merupakan jebakan yang dipasang oleh barat untuk menjadikan Indonesia sebagai kaki tangannya,” jelasnya.
 
Menurutnya, bukan hanya faktor orangnya (penguasanya) yang menjerumuskan Indonesia terjebak dalam permainan itu, namun memang sudah ada campur tangan dari negara-negara asing.
 
Komitmen
 
Fajar mengatakan, jika bangsa ini mempunyai komitmen untuk melepaskan dua instrumen diatas, ia yakin bangsa ini akan mempunyai harapan untuk menjadi bangsa yang besar.
 
“Menjadi bangsa yang besar, karena bangsa kita ini besar, potensinya juga besar, maka sesungguhnya punya potensi yang sangat besar untuk menjadi pemain dunia,” bebernya.
 
Untuk itulah ia berpesan, harus dilakukan proses penyadaran publik, bukan hanya bahaya orangnya melainkan kesalahan dalam mengambil sistem.

“Dua hal tadi, sistem ekonomi dan sistem politik. Dua hal ini yang memberikan dampak besar terhadap berlangsungnya sebuah negara,” tutupnya. [] Setiyawan Dwi
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :