Pidato Kenegaraan Jokowi, UIY: Usaha Melarikan Diri dari Berbagai Persoalan? - Tinta Media

Kamis, 24 Agustus 2023

Pidato Kenegaraan Jokowi, UIY: Usaha Melarikan Diri dari Berbagai Persoalan?

Tinta Media - Cedekiawan Muslim Ustadz Muhammad Ismail Yusanto (UIY) berpandangan, tidak salah kalau ada yang menilai bahwa isi Pidato Kenegaraan Presiden Jokowi pada Rabu (16/8/2023) sebagai usaha melarikan diri dari berbagai persoalan.

"Tidak salah kalau ada yang  menilai bahwa ini semacam usaha untuk menyelamatkan diri atau melarikan diri dari tanggung jawab atas berbagai persoalan yang nyata-nyata dilihat oleh rakyat," ujarnya dalam program Fokus to The Point: Rakyat Sambat, Pemimpin Curhat, di kanal YouTube UIY Official, Senin (21/8/2023).
 
UIY menuturkan, momen pidato kenegaraan mestinya dijadikan kesempatan yang sangat penting untuk menjelaskan bagaimana perjalanan negara ini?
"Apa persoalan yang tengah dihadapi? Apa masalah utamanya? Kemudian apa yang sudah dilakukan? Sudah berjalan seperti apa? Hambatannya apa?  Lalu, kira-kira bakal seperti apa pada waktu mendatang?" tuturnya.
 
Ia lantas menjelaskan, dari sana kemudian rakyat akan mengerti kondisi real negara ini dan apa saja yang sudah dilakukan oleh pemerintah.
 
"Rakyat berhak untuk mengerti, karena mereka adalah bagian paling penting dari negara ini," jelasnya.
 
Bukan hanya berhak, kata UIY, tapi rakyat juga wajib mengetahuinya, karena rakyat jugalah yang akan turut menentukan perjalanan bangsa dan negara ini ke depan
 
"Tetapi, jika pidato Presiden kemudian lebih banyak porsi membicarakan dirinya lalu apa yang bisa diketahui oleh rakyat?" tanyanya.
 
Padahal dalam konstruksi konstitusi di negeri ini, kata UIY, presiden adalah sebagai kepala negara dan pemerintahan.
 
"Karena itu, mestinya dia pidato terkait dengan dua kedudukan itu, masalah negara dan masalah pemerintahan," ucapnya.
 
Ia pun menegaskan, presidenlah orang yang paling punya wewenang, sekaligus juga paling bertanggung jawab terhadap perjalanan negara ini. "Dan juga terhadap laju tidaknya dan baik buruknya pemerintahan di negeri ini," tegasnya.
 
Menurutnya, sungguh tidak layak jika momen yang sangat istimewa itu, yang dihadiri oleh anggota DPR bahkan juga anggota MPR, kemudian disaksikan oleh puluhan juta rakyat Indonesia yang mengikutinya melalui media,  dia (Jokowi) berbicara tentang sesuatu yang fokus pada dirinya.
 
"Apakah ini ada upaya menutupi janji-janji yang selama ini pernah diungkap?" pungkasnya.[] Muhar
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :