Kualitas Pendidikan Ideal Siapa yang Paling Berperan? - Tinta Media

Kamis, 31 Agustus 2023

Kualitas Pendidikan Ideal Siapa yang Paling Berperan?



Tinta Media - Manusia yang sering kita sebut sebagai anak muda adalah fakta kehidupan yang akan selalu ada setiap masa, selama proses kehidupan itu sendiri masih dikehendaki oleh Sang Maha Kuasa, maka dengan adanya anak-anak, remaja, dewasa, dan Menua pasti menjadi hal yang bisa terus diperhatikan dan selalu menarik untuk di bahas. Jika ingin membahas bagaimana anak muda dari zaman ke zaman tentu ini juga sebuah objek yang seru. 

Kekinian pembahasan klasifikasi generasi muncul dari barat, seperti halnya generasi X atau milenial, gen Z, dan gen Alfa merupakan generasi-generasi yang lahir dari rentang tahun 1980an hingga sekarang dengan analisa perbedaannya perdekade. 

Pembahasan anak yang merupakan generasi akan juga berkaitan dengan pola asuh, didikan, babat bibit bobotnya. Karena memang realitasnya hal itu berpengaruh pada pola pikir dan pola sikap anak. 

Untuk itu tidak sedikit juga sebuah pengamatan terhadap perilaku anak baik tingkat usia SD, SMP, atau SMA apabila menunjukkan perilaku menyimpang, bahkan kriminalitas maka itu akan sangat dikaitkan dengan bagaimana didikannya di keluarga dan juga lingkungan, maka akan sangat di minta pertanggung jawablah disini adalah orangtua baik ayah atau ibunya. 

Ada yang lebih menekankan pada ibu, ada juga yang lebih menekankan pada Ayah, dalam artian peran keduanya dalam mendidik. 

Pembahasan anak dan juga calon generasi memang tentulah benar orangtua adalah yang paling dekat tanggung jawabnya atas segala yang muncul dari pertumbuhan anaknya fisik atau non fisik termasuk perilaku. Peran ibu sebagai sekolah pertama sangat penting dalam memberikan pengasuhan terbaiknya, seorang ayah sebagai pemimpin di rumah juga tidak kalah pentingnya. 

Namun sayangnya persoalan generasi ini seringkali berakhir pada itu saja dan tidak ada yang lain, padahal kalau kita cermati semakin mendalam, bahwa persoalan generasi adalah persoalan umum suatu peradaban. Sebuah peradaban yang berideologis maka akan sangat memperhatikan setiap anak yang lahir adalah calon generasi yang akan melanjutkan estafeta keberlangsungan peradaban. 

Peradaban yang ideologis akan memperhatikan kehidupan penduduknya dengan pandangan bahwa mereka adalah sebuah kekuatan dalam mengokohkan peradaban di masa depan. 

Apalagi jika itu adalah Islam yang difahami sebagai agama yang juga ideologi sebuah tatanan kehidupan  sangat ideal, karena sumber ilmunya berasal dari Sang Pencipta. Maka para penganutnya adalah mereka yang akan punya visi dan misi sesuai arahan Islam. 

Islam memandang persoalan generasi adalah persoalan umum bagi berdirinya peradaban yang kokoh, generasi adalah aset perbaikan di masa depan, sehingga umat Islam yang telah menjadi orang tua adalah mereka adalah yang diberi amanah yang besar untuk menjaganya, kemudian bukan hanya itu, ada peran pemimpin dalam Islam yang juga bertanggungjawab dalam mendukung tumbuh kembang generasi dengan baik termasuk perilakunya. 

Pemimpin dalam Islam adalah penanggungjawab dalam memfasilitasi sistem pendidikan terbaik bagi generasinya. Memastikan setiap anak itu terpenuhi kebutuhannya baik fisik atau non fisik, dan setiap anak harus dipastikan mendapatkan pendidikan mendasar pada pemikirannya yang mempengaruhi perilaku yaitu pendidikan akidah Islam, kemudian ilmu-ilmu yang lain akan mendukung proses pembelajarannya dalam rangka penguatan akidah. 

Karena akidah generasi yang baik adalah landasan kepribadiannya yang baik pula, dan semua itu tentu menjadi peran bersama baik orang tua, keluarga, lingkungan bahkan negara. Wallahu'alam Bishshowwab.

Oleh: Irmawati 
Pemerhati Anak dan Perempuan
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :