IJM: Tujuan Kemerdekaan Masih Jauh dari Terwujud - Tinta Media

Jumat, 18 Agustus 2023

IJM: Tujuan Kemerdekaan Masih Jauh dari Terwujud

Tinta Media - Direktur Indonesia Justice Monitor (IJM) Agung Wisnuwardana menilai tujuan kemerdekaan belum terwujud.
 
 “Indonesia merayakan 78 tahun kemerdekaan, semestinya tujuan kemerdekaan sudah terwujud. Namun faktanya tidak demikian, tujuan kemerdekaan masih jauh dari kata terwujud,” ungkapnya dalam video: Merdeka dari Jebakan Utang, melalui kanal Youtube Justice Monitor, Kamis (17/8/2023).
 
 Ia memberikan alasan, eksploitasi atas negeri ini dan penduduknya masih begitu terasa, layaknya zaman penjajahan dulu atau bahkan mungkin lebih parah dari penjajahan.
 
“Saat ini rakyat terbebani dengan beragam pajak yang mungkin malah lebih banyak jumlahnya dari masa penjajahan yang dulu. Kekayaan alam negeri ini juga belum dirasakan hasil manfaatnya betul-betul untuk kesejahteraan rakyat, sebagian besar masih dikuasai oleh swasta baik dalam negeri maupun asing,” bebernya.
 
Menurut Agung, berbagai kebijakan juga banyak dipengaruhi oleh oligarki dan juga asing. “Kekayaan negeri ini diduga masih banyak yang mengalir kepada pihak asing dan juga segelintir konglomerat atau sekelompok kecil oligarki,” imbuhnya.
 
Merdeka
 
 Agung lalu menyampaikan makna merdeka. Merdeka maknanya adalah ketika kehendak tidak dikekang oleh bangsa lain atau sesama manusia, tidak ada eksploitasi manusia kepada manusia.
 
 “Merdeka itu ketika keputusan dan tindakan tidak ditentukan dan dikendalikan oleh pihak lain baik bangsa, individu atau sekelompok individu .Merdeka itu ketika kekayaan dan potensi yang kita miliki sepenuhnya digunakan untuk kepentingan kesejahteraan dan kemakmuran kita,” imbuhnya.
 
 Islam, ucapnya,  membebaskan masyarakat dari semua penjajahan dan eksploitasi modern itu.  Caranya dengan mengembalikan hak membuat hukum pada Allah Swt., mengembalikan kedaulatan kepada syariah. Ia mengutip Q.S. Ibrahim ayat 1 sebagai landasannya.
 
“Yang harus dilakukan saat ini adalah menyempurnakan kemerdekaan yang sudah kita rasakan dengan berusaha sungguh-sungguh mewujudkan kemerdekaan hakiki  yaitu mengembalikan kedaulatan hanyalah milik Allah Swt.,” pungkasnya. [] Irianti Aminatun.
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :