Ustadz Farid: Berpolitik pun Butuh Bimbingan dan Aturan Allah - Tinta Media

Senin, 31 Juli 2023

Ustadz Farid: Berpolitik pun Butuh Bimbingan dan Aturan Allah


Tinta Media - Dalam menyambut tahun baru Islam 1445 H dan memperingati hijrahnya Nabi Muhammad Saw, Direktur Forum on Islamic World Studies (FIWS) Ustadz Farid Wadjdi mengingatkan bahwa manusia ketika berpolitik pun juga membutuhkan bimbingan dan aturan dari Allah. 


"Dia membutuhkan bimbingan dan aturan dari Allah. Ketika berpolitik pun membutuhkan bimbingan dan aturan dari Allah. Ketika berekonomi pun kita membutuhkan bimbingan dan aturan dari Allah," ujarnya dalam dialog rubrik Menjadi Politisi Islam dengan tema "Hijrah Rasulullah SAW, Tonggak Negara Adi Daya Umat Islam" pada kanal Youtube Peradaban Islam ID, Senin (17/7/2023)

 

Lebih lanjut, Farid mengatakan bahwa manusia sesungguhnya membutuhkan agama, membutuhkan Allah dalam seluruh aspek kehidupannya. 

"Bukan hanya ketika dia shalat. Bukan hanya ketika dia shaum. Dia membutuhkan bimbingan dan aturan dari Allah dalam seluruh aspek kehidupan," ujarnya.

 

Dia menegaskan bahwa dengan diterapkannya Islam pada seluruh aspek kehidupan maka dalam setiap aspek kehidupan itu manusia mendapatkan kenikmatan dari Allah swt, ketenangan, dan sesuai dengan fitrah manusia.

 

"Kelebihan atau keunggulan Islam itu, Islam mengatur seluruh aspek kehidupan. Baik ekonomi, politik, dan tentu saja individu, ibadah mahdhah," tegasnya. 

 

Beda

 

Farid menegaskan bahwa Islam berbeda dengan sekularisme. Sekularisme menimbulkan banyak kontradiksi. "Sering juga para ahli menyebutkan dengan apa yang disebut split personality gitu ya," jelasnya.

 

"Ketika di gereja dia takut pada Tuhan. Dia tunduk pada aturan Tuhan. Tapi ketika berekonomi dia tidak peduli gitu ya halal dan haram," paparnya.

 

Farid menilai kaum muslimin juga terjebak kepada pemahaman sekuler ini. "Kan ketika dia ibadah haji, dia tunduk pada aturan Allah. Tetapi ketika dia berpolitik, dia malah memusuhi aturan-aturan Allah," tegasnya.

 

"Kan ini tidak sejalan ya. Karena sesungguhnya kita itu membutuhkan bimbingan dan aturan dari Allah untuk seluruh aspek kehidupan kita," pungkasnya. [] Hanafi 

Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :