Siyasah Institute Ingatkan Juru Dakwah Pentingnya Menanamkan Islamic Manner kepada Gen Z - Tinta Media

Sabtu, 29 Juli 2023

Siyasah Institute Ingatkan Juru Dakwah Pentingnya Menanamkan Islamic Manner kepada Gen Z

Tinta Media - Direktur Siyasah Institute, Iwan Januar mengingatkan juru dakwah akan pentingnya menanamkan islamic manner (adab islami) untuk disampaikan kepada gen Z.

"Di sinilah pentingnya kemudian para juru dakwah mengenalkan dan menanamkan adab atau manner, islamic manner, kepada gen Z ini agar mereka kemudian tahu bahwa menjadi anak muda yang kreatif, anak muda yang kemudian itu inovatif, anak muda yang juga kemudian selalu ingin tantangan itu juga keren dan harus punya manner," jelasnya dalam rubrik Kabar Petang dengan tema "Gen Z Pemalas, Benarkah?" pada kanal Youtube Khilafah News, Senin (17/7/2023)

Ustadz Iwan Januar menilai bahwa gen z ini menjadi bagian dari masyarakat umum yang sekarang ini memang mengalami kegamangan dan ketidakjelasan tentang etika atau adab dalam agama. "Mana yang baik, mana yang buruk itu dianggap sesuatu yang abu-abu," ujarnya.

Dia mengutarakan bahwa orang sekarang sering nonton anak-anak muda gen Z membuat konten-konten prank, hoax, yang buat lucu-lucuan bagi mereka. "Dan untuk kemudian menjadi satu konten yang bisa menaikkan viewer mereka, segala macam lah seperti itu," imbuhnya.

Kondisi umum seperti di atas, menurut Iwan, membutuhkan juru dakwah agar mengenalkan manner, khususnya Islamic manner, kepada gen Z agar gen Z yang suka dengan tantangan tadi tahu kalau sampai merusak kehormatan orang lain maka itu tidak lagi keren.

Iwan menegaskan bahwa gen Z harusnya menjadi generasi dengan adab yang kuat. "Dan adab yang kuat itu harus dibangun berdasarkan akidah, berdasarkan satu keyakinan hidup, bukan karena asas maslahat, bukan karena mengharapkan ada benefit," ujarnya.

"Saya muslim, tapi saya juga harus memiliki adab atau manner yang baik dalam hidup saya", pungkasnya. [] Hanafi


Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :