MMC: Sekolah Wajib Jadikan Sirah Nabawiyah sebagai Materi Pengajaran - Tinta Media

Selasa, 25 Juli 2023

MMC: Sekolah Wajib Jadikan Sirah Nabawiyah sebagai Materi Pengajaran

Tinta Media - Narator Muslimah Media Center (MMC) menegaskan bahwa sekolah sebagai institusi penyelenggara pendidikan wajib menjadikan sirah nabawiyah sebagai materi pengajarannya. 

"Memperhatikan sekaligus mengikuti sirah merupakan perkara yang diperintahkan oleh syariat. Maka sekolah sebagai institusi penyelenggara pendidikan akan menjadikan sirah nabawiyah sebagai salah satu materi pengajaran," jelasnya dalam rubrik Pahami Agamamu, Bangga Berislam Kaffah di kanal Youtube Muslimah Media Center, Senin (10/7/2023). 

Menurut narator MMC ini, pengajaran sirah nabi dimulai sejak seorang anak didik masuk sekolah. "Pengajarannya diberikan secara bertahap dan dilihat dari sisi luasnya pembahasan," tuturnya. 

Pada awal periode sekolah, lanjutnya, anak didik diajarkan mengenai kehidupan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam secara ringkas sejak kelahiran sampai wafatnya beliau. "Kemudian seiring dengan meningkatnya usia anak didik, sirah nabawiyah diajarkan kembali secara lebih meluas dan mendalam," imbuhnya.

Di samping penyempurnaan pengajaran sirah nabawiyah, lanjutnya, anak didik juga diberikan materi terkait fiqh sirah dan hukum-hukum yang digali dari sirah. "Dengan begitu, ketika anak didik telah menempuh 3 jenjang sekolah, mereka telah memperoleh pemahaman terkait sirah nabawiyah secara utuh," paparnya. 

Menurutnya, pengajaran terkait sirah nabawiyah ini difokuskan pada perjuangan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam dalam mengemban dakwah Islam di Mekkah hingga kemudian, atas pertolongan Allah, Nabi mampu menegakkan negara Islam pertama di Madinah.

"Metode yang ditempuh Rasulullah shallallahu alaihi wasallam dalam berdakwah adalah tanpa kekerasan dan tidak berkompromi dengan segala rayuan orang-orang kafir. 

Beliau senantiasa bersabar dalam dakwah dan selalu berpegang teguh pada perintah Allah subhanahu wa ta'ala, bahkan setelah negara Madinah terbentuk Rasulullah shallallahu alaihi wasallam tidak pernah berhenti berdakwah," lengkapnya. 

Dakwah ini, lanjutnya, juga diteruskan oleh kepemimpinan setelahnya yaitu pada masa Khulafaur Rasyidin hingga kekhilafahan setelahnya. Hingga akhirnya Islam dapat menjadi mercusuar dunia dan berjaya selama 13 abad lamanya. 

"Dengan pengajaran sirah nabawiyah dalam sekolah, anak didik semakin tergambar atas perjalanan hidup Rasulullah shallallahu alaihi wasallam yang selalu mendedikasikan hidupnya di jalan dakwah," tutupnya. [] Hanafi
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :