Tingkatkan Literasi Digital Agar Terhindar Dari Kejahatan Online - Tinta Media

Kamis, 01 Juni 2023

Tingkatkan Literasi Digital Agar Terhindar Dari Kejahatan Online

Tinta Media - Direktur Indonesia Justice Monitor Agung Wisnuwardana menegaskan bahwa salah satu upaya agar terhindar dari kejahatan online adalah dengan meningkatkan literasi digital.

“Melihat masifnya penipuan online sangat penting bagi masyarakat untuk memiliki literasi digital untuk menghindarkan diri dari penipuan online,” ujarnya dalam program Aspirasi: Indonesia Jadi “Markas” Favorit Sindikat Penipuan Online Asal China? Ahad (28/5/2023) di kanal YouTube Justice Monitor.

Menurutnya, masyarakat harus kritis dalam menerima sebuah informasi, menimbang dan juga memverifikasi kebenaran yang terkandung dalam informasi atau konten yang dikonsumsi.

Ia memaparkan, sikap bijak dan hati-hati sangat penting untuk dimiliki dalam transaksi di dunia maya agar terhindar dari penipuan online yang bisa merugikan. "Masyarakat perlu mengetahui ciri-ciri modus penipuan online dan cara menghindarinya. Kita menjadi selangkah lebih maju dan aman apabila ini dilakukan," ungkapnya. 

Agung mengingatkan agar masyarakat tidak perlu panik apabila menemukan hal yang mencurigakan. Sebaiknya langsung melakukan konfirmasi atau melapor kepada pihak terkait apabila hal yang mencurigakan itu ditemukan. "Mari jaga keamanan data digital sebab hal ini tanggung jawab kita sendiri-sendiri,” tuturnya.

Tugas Negara

Menurutnya, di samping tugas negara yang seharusnya memberantas para penjahat yang bergentayangan di area online, seharusnya negara mempunyai perhatian kuat terhadap data-data online.

“Tapi untuk jangka praktisnya masing-masing harus menjaga data-data online ini dengan baik,” pungkasnya. [] Sofyan Zulkarnaen
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :