MMC: Khilafah Melindungi Manusia, Kehidupan dan Alam Semesta - Tinta Media

Kamis, 08 Juni 2023

MMC: Khilafah Melindungi Manusia, Kehidupan dan Alam Semesta

Tinta Media - Muslimah Media Center (MMC) menegaskan khilafah dikenal sangat melindungi manusia, kehidupan dan alam semesta.

"Khilafah dikenal sangat melindungi manusia, kehidupan dan alam semesta”, tuturnya dalam Serba-Serbi: Ekspor Pasir Laut Legal, Untung Berujung Buntung Niscaya dalam Kapitalisme, di kanal YouTube MMC, Senin (29/5/2023). 

Ia menjelaskan, dalam membuat kebijakan tentang pengelolaan lingkungan sebagai institusi yang menerapkan syariat Islam secara kaffah, khilafah senantiasa menetapkan kebijakan berdasarkan nas-nas syariat terkait pengelolaan lingkungan. 

MMC menyebutkan, nas syariat yang menunjukkan Allah SWT memerintahkan agar manusia memanfaatkan alam sesuai kebutuhan mereka yaitu dalam Al-Qur'an surah Al-Hijr ayat 19 sampai 20 yang artinya, "Dan kami telah menghamparkan bumi dan menjadikan padanya gunung-gunung dan kami tumbuhkan padanya segala sesuatu yang menurut ukuran dan kami telah menjadikan untukmu di bumi keperluan hidup dan kami menciptakan pula makhluk-makhluk yang kamu sekali-kali bukan pemberi rezeki kepadanya".

Ia juga menyebutkan nas syariat yang menerangkan bahwa manusia dilarang berbuat kerusakan di muka bumi agar kelestarian lingkungan tetap terjaga sebagaimana disebutkan dalam Al-Qur'an surah Al-A'raf ayat 56 yang artinya, "Janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi setelah diatur dengan baik."


“Dari dalil-dalil inilah, khilafah membuat kebijakan yang mengatur pemanfaatan kekayaan lingkungan termasuk pengelolaan sedimentasi laut," pungkasnya. [] Trimulyo
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :