KH Yasin Muthohar Jelaskan Tujuan Perang Mu’tah - Tinta Media

Senin, 05 Juni 2023

KH Yasin Muthohar Jelaskan Tujuan Perang Mu’tah

Tinta Media - Pimpinan Pondok Pesantren Al Abqory KH Yasin Muthohar menuturkan tujuan terjadinya perang Mu'tah.

“Pertama, bahwa perang Mu’tah ini sebenarnya terjadi juga karena sebelum perang Mu’tah itu kaum muslimin telah mendapat gangguan-gangguan yang berarti dari kelompok Arab yang berkolaborasi dengan Romawi,” ungkapnya Kajian Sejarah Peradaban Islam: Perang Mu’tah, Wafatnya 3 Panglima Terbaik dan Akhir yang Menegangkan, Selasa (30/5/2023) di kanal Youtube Khilafah Channel Reborn.

Kedua, perang _Mu’tah_ ini bertujuan untuk memperlihatkan kekuatan kaum muslimin kepada musuh yang melecehkan umat islam yaitu bangsa romawi yang saat itu penguasanya adalah Heraklius.

“Salah satunya adalah penguasa romawi, Heraklius. Heraklius itu betul-betul menyombongkan diri dan betul-betul melecehkan kekuatan kaum muslimin. Karena itulah maka Rasulullah SAW perlu untuk memperlihatkan kekuatan kaum muslimin terhadap musuh, maka terjadilah Mu’tah ini” ungkapnya.

Ketiga, Perang Mu’tah ini juga bertujuan menggentarkan musuh pada saat itu yakni pasukan Romawi yang merupakan pasukan paling hebat pada masanya. “Selama ini pasukan romawi itu merupakan pasukan tiran paling hebat di dunia” tegasnya.

Keempat, Perang Mu’tah juga bertujuan untuk menyampaikan risalah ke seluruh dunia dengan menghilangkan rintangan yang menghalangi dakwah untuk sampai ke suatu negeri.

“Karena islam memang ditujukan untuk menyampaikan risalah ke seluruh dunia dan jika di tengah-tengah perjalanan itu ada penghalang yang menghalangi dakwah islam sampai ke suatu tempat, penghalang itu harus dihilangkan. Nah ini yang dilakukan kenapa kemudian kaum muslimin melakukan perang Mu’tah” pungkasnya.[] ekop
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :