Islam Menjamin Kesehatan Rakyat - Tinta Media

Senin, 26 Juni 2023

Islam Menjamin Kesehatan Rakyat

Tinta Media - Narator Rayah TV menuturkan bahwa di dalam Islam, kesehatan rakyat dijamin oleh negara dengan menyediakan sarana dan  fasilitas kesehatan yang dibutuhkan rakyat.

“Islam mewajibkan negara menyediakan Rumah Sakit, klinik, dokter, tenaga kesehatan dan fasilitas kesehatan lainnya yang diperlukan oleh rakyat," ungkap Narator Rayah TV dalam tayangan Selama Ini Kita Ditipu BPJS Kesehatan? Kamis (22/6/2023) di kanal Youtube Rayah TV. 

Menurutnya, hadirnya negara adalah untuk mengurusi melindungi dan mensejahterakan rakyatnya. "Sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, Imam atau Penguasa adalah pengurus rakyat dan dia bertanggung jawab atas rakyat yang dia urus,” terangnya.

Ia mengatakan, dalam Islam jaminan kesehatan memiliki tiga sifat.

Pertama, berlaku umum tanpa diskriminasi. Dalam arti tidak ada pengkelasan dalam pemberian layanan kesehatan kepada rakyat, baik muslim maupun non muslim. Kedua, bebas biaya alias gratis. Rakyat tidak boleh dikenai pungutan biaya apapun untuk mendapat pelayanan kesehatan oleh negara. Ketiga, seluruh rakyat harus diberi kemudahan untuk bisa mendapatkan pelayanan kesehatan oleh negara.

Ketiga sifat ini dicontohkan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam saat menjabat sebagai kepala negara dan dilanjutkan oleh para khalifah setelahnya,” tuturnya.

"Inilah Khilafah, model Negara Islam yang berbeda jauh dengan negara demokrasi saat ini!” pungkasnya. [] Abi Bahrain

Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :