Utang Luar Negeri, IJM: Ada Udang di Balik Batu - Tinta Media

Kamis, 08 Juni 2023

Utang Luar Negeri, IJM: Ada Udang di Balik Batu

Tinta Media - Direktur Indonesia Justice Monitor (IJM) Agung Wisnuwardana menilai ada udang di balik batu dari negara kapitalis yang menggelontorkan utang kepada Indonesia. 

"Ketika negara kapitalis menggelontorkan utang, sama sekali bukan demi membantu, melainkan karena ada udang di balik batu," ujarnya dalam program Aspirasi: BUMN Rentan Digadai Jokowi Karena Berhutang Sembunyi-sembunyi? Ahad (4/6/2023) di kanal YouTube Justice Monitor.

Menurutnya,  utang versi kapitalis adalah jebakan sekaligus pembungkaman. Sehingga negara-negara debitur tidak mampu untuk melawan. "Sebaliknya, mereka akan membebek segala sesuatu yang diperintahkan oleh negara atau lembaga kreditur. Baik dari sisi kebijakan, sistem politik, ekonomi hingga budayanya,” 

Agung menjelaskan, utang juga tidak ubahnya kebijakan yang disengaja dan dibiarkan untuk terus terjadi. Seolah semuanya sudah by design hingga akhirnya negara debitur tidak mampu lagi untuk berkutik. “Utang luar negeri memang cara kapitalisasi yang paling berbahaya bagi negara-negara berkembang. Utang adalah instrumen yang akan senantiasa membuat umat menderita,” ujarnya.

Ia memperingatkan bahwa dengan utang itu negara-negara kapitalis akan menekan dan melakukan intervensi bahkan menduduki wilayah negeri-negeri muslim tersebut. Ini jelas mengancam kedaulatan negara yang bersangkutan. Termasuk juga kedaulatan negeri ini.

Riba Haram

Ia menegaskan, lebih dari itu hutang luar negeri tidaklah diberikan oleh negara-negara kapitalis kecuali dengan riba. Padahal riba itu jelas haram bagi umat Islam.

“Dengan demikian hukum syara’ terhadap hutang luar negeri adalah haram. Ini yang perlu dicatat secara khusus oleh kita semua. Jangan sampai kita terjebak oleh hutang dan juga keharaman yang dilarang oleh Islam,” pungkasnya. [] Sofyan Zulkarnaen

Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :