Artis Jadi Wakil Rakyat, UIY: Jangan Sampai Hanya Menjadi Stempel - Tinta Media

Senin, 05 Juni 2023

Artis Jadi Wakil Rakyat, UIY: Jangan Sampai Hanya Menjadi Stempel

Tinta Media - Cendekiawan Muslim Ustadz Muhammad Ismail Yusanto (UIY) mengingatkan, jangan sampai ketika artis duduk menjadi wakil rakyat hanya menjadi stempel. 

“Jangan sampai ketika dia duduk menjadi wakil rakyat hanya menjadi stempel. Dan itu menjadi kecolongan besar karena ketidakmampuannya,” ujarnya dalam program Fokus to The Point: Artis Ramai- ramai Daftar Jadi Caleg, Adakah yang Salah? di kanal YouTube UIY Official, Kamis (1/6/2023). 

Menurutnya, ada banyak perundang-undangan yang muncul secara aneh. 

“Dramatis, disahkan sementara anggota parlemennya tidak megang, begitu sudah disahkan diubah-ubah lalu disahkan lagi yang bertentangan dengan undang-undang sebelumnya," ungkapnya.

Ia pun mencontohkan undang-undang aneh tersebut yaitu Undang-Undang Minerba diantaranya. “ Ada banyak lagi yang lainnya,” ucapnya.

Maka, Ia pun mengingatkan, apa yang akan terjadi bagi wakil rakyat yang tidak memahami mana yang mungkar dan mana yang ma'ruf.

Ia menjelaskan, menjadi politisi tidaklah cukup dengan popularitas, karena wakil rakyat bukanlah sekadar wakil, tapi pengemban suatu misi tertentu.

”Itu dan saya kira ini yang menjadi persoalan besar negeri ini,”. 

Apalagi, menurutnya kalau peraturan perundangan itu datang dari pihak pemerintah atau penguasa. 

“Dia akan hanya menjadi penonton. Juga kalau dia tidak mengerti itu, hanya akan menjadi alat legitimasi,”pungkasnya. [] Muhar
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :