Ustadz Iwan Ungkap Penyebab Remaja Lebih Percaya kepada Teman Medsos yang Baru Dikenalnya daripada Orang Tuanya - Tinta Media

Jumat, 26 Mei 2023

Ustadz Iwan Ungkap Penyebab Remaja Lebih Percaya kepada Teman Medsos yang Baru Dikenalnya daripada Orang Tuanya

Tinta Media - Pakar Parenting Islam Ustadz Iwan Januar mengungkap tiga indikasi penyebab remaja lebih percaya kepada orang lain yang baru dikenalnya di media sosial dari pada orang tuanya sendiri.

"Ada tiga indikasi penyebab remaja lebih percaya kepada orang lain yang baru dikenalnya di media sosial dari pada orang tuanya sendiri," tuturnya kepada Tinta Media, Rabu (24/5/2023).

Pertama, akibat miskin komunikasi dengan orang tua. "Kedua akibat anak miskin kasih sayang orang tua, dan yang ketiga akibat miskin kepercayaan orang tua,'' ujarnya. 

Akibat dari indikasi tersebut, kata Iwan, menyebabkan para remaja mencari pelarian di luar salah satunya kepada orang yang baru saja dikenalnya di media sosial. "Dan ini sangat mengkhawatirkan bagi orang tua," ujarnya. 

"Tanpa disadari orang tua telah membuat jurang yang dalam kepada anaknya sendiri. Dan yang lebih parahnya lagi mereka tidak pernah tahu apa yang dilakukan anaknya di luar sana termasuk apa yang anak lakukan di media sosial," tambahnya.

Iwan menilai perubahan zaman membawa perubahan pula terhadap pola asuh terhadap anak. "Sangat berbeda sekali ketika orang tua kita ketika mengasuh ketika kecil dengan pola asuh yang kita terapkan terhadap anak-anak kita saat ini," katanya. 

''Kembali kepada orang tua itu sendiri, apabila orang tua cukup memberikan ruang kepada anak untuk berkomunikasi, memberikan kasih sayang yang melimpah, dan memberikan kepercayaan kepada anak, saya yakin anak tersebut akan mau terbuka dan menceritakan apa yang telah terjadi kepada orang tua,'' ujarnya.

Menurutnya, ini sangat penting bagi orang tua untuk menerapkannya dalam lingkungan keluarga. Agar dapat membentengi anak-anak dari hal-hal yang tak diinginkan di luar sana. Apalagi di zaman sekarang ini perkembangan teknologi maju pesat tanpa batasan. Anak-anak dengan mudah mengakses segala media sosial dan dengan mudah berkenalan dengan orang-orang yang tidak dikenal sebelumnya.

"Selain itu orang tua juga sangat perlu untuk membentengi anak-anak mereka dengan ilmu agama yang sangat perlu diajarkan kepada anak-anak mereka agar dapat membentengi mereka dari perbuatan yang tidak diinginkan," pungkasnya. [] Hendy Liem


Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :