UIY: Umat Perlu Dua Hal Baik Jika... - Tinta Media

Minggu, 21 Mei 2023

UIY: Umat Perlu Dua Hal Baik Jika...

Tinta Media - Cendekiawan Muslim Ustadz Muhammad Ismail Yusanto (UIY) menyatakan bahwa diperlukan dua hal jika rakyat ingin diurus dengan cara yang baik.

"Jika rakyat atau umat betul-betul ingin diurusi dengan cara yang baik maka diperlukan dua hal baik. Pemimpin yang baik dan sistem yang baik," tegasnya dalam program Fokus to The Point: Umat Islam dalam Arus Politik 2024, Kamis (18/5/2023) di kanal Youtube UIY Official.

UIY menegaskan bahwa politik itu sangat penting. Politik dipahami sebagai riayah suunil ummah, bagaimana mengatur umat. " Bagaimana mengatur umat itu sangat ditentukan oleh dua hal. Yang pertama, pemimpin. Yang kedua, bagaimana pemimpin mengatur urusan rakyat ini sistem," ujarnya.

Karena itu, lanjutnya, umat islam perlu memahami jikalau urusan rakyat itu ingin diatur dengan sebaik-baiknya  maka diperlukan dua hal yaitu pemimpin yang baik dan sistem atau aturan yang baik. "Dan, aturan yang baik itu mustinya berasal dari Dzat Yang Maha Baik, oleh Allah SWT. Itulah syariah," tandasnya.

 

UIY menyampaikan bahwa syariah mengatur segala hal yang berkenaan dengan kehidupan rakyat baik itu dalam aspek politik itu sendiri juga ekonomi, sosial, budaya, dan sebagainya. "Lalu, pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mau tunduk atau mau mengikuti aturan yang baik itu," simpulnya. 

 

Pemilih Cerdas

 

Dalam kesempatan yang sama, UIY juga mengingatkan agar rakyat juga memainkan perannya agar menjadi pemilih yang cerdas. "Pemilih yang cerdas itu adalah pemilih yang dia mengerti bahwa dia itu punya kekuatan. Karena itulah kekuatan itu tidak boleh digunakan sebagai alat sekedar legitimasi," ujarnya.

 

"Yang ada sekarang ini kan suara rakyat hanya sebenarnya alat legitimasi bahwa kami dipilih oleh rakyat lalu dia bekerja semau-mau dia, bertentangan dengan kepentingan rakyat," tambahnya.

 

UIY mencontohkan dengan UU Minerba tahun 2009 yang ketentuannya jelas sangat pro terhadap rakyat di mana ada 380.000 ha ladang batu bara, dengan potensi lebih dari 65.000 trilyun, yang harus kembali kepada negara untuk kepentingan rakyat dan dikelola oleh BUMN. "Tapi dirubah oleh wakil rakyat menjadi undang undang nomor 2 tahun 2020 yang memastikan bahwa 380.000 ha tadi itu diperpanjang penguasaaannya oleh 7 perusahaan besar," paparnya.

 

"Ini kan jelas menunjukkan mereka tidak bekerja untuk rakyat. Jadi disitulah pentingnya pemilih itu harus cerdas dalam menggunakan haknya," tegasnya.

 

UIY mengingatkan bahwa memilih adalah hak dan hak itu akan dimintai pertanggungjawaban oleh Allah SWT. Maka dari itu harus dipastikan hak itu digunakan sebaik-baiknya untuk memilih pemimpin yang baik dan untuk memilih wakil rakyat untuk menghasilkan sistem yang baik itu.

 

"Di situlah pentingnya ada partai politik yang memang berpihak kepada kepentingan Islam, berdasarkan Islam, kemudian pikirannya atau gagasan-gagasannya Islam, lalu tampak pada programnya, lalu tampak pada narasi yang disampaikan. Kemudian dalam kehidupan kesehariannya itu memang dia juga berdasarkan Islam dan terbukti bahwa dia terikat dengan ajaran Islam," pungkasnya.[] Hanafi

Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :