Islam Sistem Terbaik Memfasilitasi Ketahanan Pangan - Tinta Media

Minggu, 28 Mei 2023

Islam Sistem Terbaik Memfasilitasi Ketahanan Pangan

Tinta Media - Pengamat Kebijakan Publik Dr. Deni M. Danial, S.Sos., M.M. mengatakan bahwa Islam adalah sistem yang terbaik memfasilitasi ketahanan pangan. 

"Islam adalah sistem yang terbaik, Islam  pasti akan memfasilitasi kaitannya dengan ketahanan pangan," ujarnya dalam Kabar Petang: Krisis Pupuk, Krisis Pangan, Sabtu (20/5/2023 ) di kanal Youtube Khilafah News. 

Ia menjelaskan ketahanan pangan merupakan hal yang sangat vital karena kaitannya dengan kebutuhan, kalau tidak terpenuhi itu akan menyebabkan kematian. "Sehingga wajib sifatnya bagi pemerintah memenuhi, dalam hal ini sampai kepada penyediaan pupuk," ujarnya. 

Lebih lanjut Danial menyampaikan bahwa secara kebijakan ada dua solusi. Ada solusi kebijakan bahwa pemerintah harus meningkatkan ketahanan pangan. Sebuah negara berupaya menghidupkan tanah yang mati. 

"Pemerintah harus mendukung  sampai produksi pangan itu meningkat dengan cara misalkan salah satunya menyediakan pupuk tidak hanya subsidi tapi mungkin gratis," ujarnya. 

Ia menjelaskan sisi solusi dari secara teknis yang harus diperbaiki.

Pertama, adalah harus membuat kriteria yang jelas. "Siapa petani yang berhak menerima pupuk subsidi misalkan untuk dalam waktu dekat," ujarnya. 

Kedua, akurasi data petani itu harus lengkap, harus pas, siapa petani yang layak untuk mendapatkan pupuk yang bersubsidi. 

"Ketiga, harus evaluasi terus ada evaluasi mekanisme subsidi di semua tahapan," pungkasnya.[] Muhammad Nur
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :