Inilah Tiga Karakter Hasil Pendidikan Islam - Tinta Media

Sabtu, 20 Mei 2023

Inilah Tiga Karakter Hasil Pendidikan Islam

Tinta Media - Cendekiawan Muslim Ustadz Ismail Yusanto, (UIY) memandang bahwa pendidikan dalam perspektif Islam akan membawa peserta didik memiliki tiga karakter.

"Jika kita mengacu pada ajaran Islam, pendidikan yang dimaksud di sana adalah satu usaha yang sistematis terstruktur untuk membawa anak atau peserta didik itu menjadi manusia-manusia yang setidaknya memiliki tiga kompetensi atau karakter sekaligus," ucapnya dalam Fokus Live Streaming: Kemana Arah Pendidikan Indonesia, Rabu (10/5/2023) di kanal Youtube UIY Official.

Pertama, pendidikan Islam akan melahirkan siswa berkepribadian Islam. "Kepribadian ini tampak pada cara berpikir dan berprilaku berdasarkan ajaran Islam," ujarnya. 

Kedua, menguasai Islam. "Diantara yang paling sederhana adalah kemampuan dia untuk membaca al-Qur'an, memahami fikih tentang ibadah, tentang makanan, minuman, pakain dan sebagainya," kata UIY memberikan contoh.

Ketiga, menguasai ilmu kehidupan. "Ilmu kehidupan, di dalamnya ada sains dan teknologi," kata UIY.

Menurutnya, tolak ukur atau perspektif dalam memandang pendidikan akan menentukan arah keberhasilan pendidikan sesuai dengan perspektifnya masing-masing. 

UIY mengingatkan umat Islam agar menjadikan Islam sebagai basis pendidikannya sehingga menghasilkan muslim yang bertakwa sekaligus menguasai teknologi. "Sebagaimana pernah terjadi pada masa kekhalifahan," pungkasnya.[] Ihsan 
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :