Begini Cara Islam Mewujudkan Generasi yang Fokus pada Kebaikan Umat - Tinta Media

Selasa, 16 Mei 2023

Begini Cara Islam Mewujudkan Generasi yang Fokus pada Kebaikan Umat

Tinta Media - Muslimah Media Center (MMC) menjelaskan cara Islam melalui mekanisme sistem khilafah dalam mewujudkan generasi yang sangat fokus pada kebaikan umat.
 
"Pertama, khilafah memastikan setiap keluarga muslim untuk mendidik anak-anak mereka dengan akidah Islam yang kokoh dan anak-anak akan dibiasakan dengan hukum syariah," ujar narator dalam program Serba-serbi: Kasus Bullying Semakin Meningkat, Sistem Sekuler Biang Masalah, Senin (8/5/2023) di kanal YouTube Muslimah Media Center.

Kedua, khilafah juga memastikan masyarakatnya untuk senantiasa melakukan amar ma'ruf nahi mungkar. "Hal ini akan mencegah terjadinya kemaksiatan di tengah-tengah masyarakat," imbuhnya.

Ketiga, sebagai sebuah institusi negara, khilafah akan menjalankan perannya secara optimal membina masyarakat melalui sistem pendidikan yang berbasis akidah Islam. "Khilafah akan memastikan setiap individu berkepribadian Islam, yakni memiliki pola pikir dan pola sikap yang sesuai dengan Islam," jelasnya.

Ia menegaskan, media sebagai sumber informasi, akan dipastikan hanya menyiarkan konten-konten edukatif yang mendidik dengan tayangan-tayangan yang menguatkan keimanan, kecintaan dan keloyalan (kesetiaan) kepada Islam. "Konten-konten yang merusak akan langsung dihambat oleh negara," tegasnya.

Dengan cara demikian, ia mengungkapkan, bahwa generasi akan belomba-lomba mengerahkan semua potensi yang dimilikinya untuk kemuliaan Islam. Maka berbagai kebaikan akan hadir di tengah masyarakat.

"Karena itulah, sepanjang penerapan syariah dalam institusi khilafah (sekitar 1300 tahun) kaum muslimin mampu mencetak generasi cemerlang yang berkepribadian Islam dan menjadi mercusuar peradaban Islam," pungkasnya.[] Muhar 
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :