Begini Cara Islam Mengatasi Kesenjangan Ekonomi - Tinta Media

Selasa, 23 Mei 2023

Begini Cara Islam Mengatasi Kesenjangan Ekonomi

Tinta Media - Peneliti Forum Analisis dan Kajian Kebijakan untuk Transparansi Anggaran (FAKKTA) Muhammad Ishak menjelaskan cara Islam dalam mengatasi disparitas (kesenjangan) ekonomi.

"Pertama, kebijakan Rasulullah yang mencoba mengangkat aspek ekonomi dari kaum Muhajirin, misalnya dalam pembagian harta ghanimah. Ada pemberian kepada orang-orang muhajirin. Lalu, orang Anshor dan orang Muhajirin itu dipersaudarakan kemudian dibagikan aset diantara mereka,” jelasnya dalam Kabar Petang: Ekonomi RI Dikuasai Cina? di kanal Youtube Khilafah News pada Kamis (18/5/2023)..

Ishak menegaskan, ini merupakan contoh bagaimana islam mendesain sebuah sistem (mengangkat peluang) untuk memberikan kesempatan yang lebih luas kepada orang-orang yang termarjinalkan untuk bisa bangkit.

Kedua, di dalam islam peran Baitul Maal sangat-sangat kuat dalam mendorong orang-orang yang memiliki taraf ekonomi rendah (melakukan enterpreneurhip) untuk maju. “Misalnya Baitul Maal menyediakan pinjaman kepada warga negara seperti petani untuk memiliki lahan. Di Baitul Maal ini dinamakan divisi al I’tho’ khusus untuk memberikan subsidi, dan ini tidak ada mekanisme riba,” terangnya.

Ketiga, pemberian aset bagi warga negara, seperti yang ingin bertani diberikan tanah pertanian, bibit dan alat-alat untuk mengembangkan usaha.

Keempat, lanjut Ishak, dalam Daulah Islam, juga diberikan akses mendapatkan pendidikan gratis. “Saya kira ini penting untuk digarisbawahi, bahwa terjadinya ketimpangan pendapatan itu juga disebabkan oleh edukasi. Terus pendidikan berbiaya mahal sehingga hanya orang tertentu yang bisa mengakses pendidikan itu,”beber Ishak.

Kelima, dalam Daulah Al Khilafah kesehatan gratis sehingga porsi anggaran rumah tangga untuk pendidikan dan kesehatan mejadi sangat rendah. “Karena semua dijamin oleh negara, sehingga pendapatan masyarakat itu bisa dimaksimalkan untuk meningkatkan gizi, pendidikan dan sebagainya. Sehingga kualitas mereka lebih baik sehingga peluang untuk berusaha itu menjadi lebih optimal,” pungkas Ishak.[] Amar Dani


Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :