UIY: Umat akan Terus Bahagia jika... - Tinta Media

Kamis, 27 April 2023

UIY: Umat akan Terus Bahagia jika...

Tinta Media - Cendekiawan Muslim Ustadz Ismail Yusanto (UIY) mengatakan bahwa umat Islam akan terus bahagia jika terjadi keselarasan dalam kehidupannya baik secara spiritual, politik, ekonomi, sosial dan budaya.

“Kapan umat Islam itu bahagia di sepanjang waktunya? Itu hanya akan tercapai kebahagiaan yang terus menerus jika umat Islam itu hidup di dalam sebuah keselarasan, baik itu secara spiritual maupun secara politik, ekonomi, sosial dan budaya,” ujarnya dalam Topik on the Spot: Menyambut Idul Fitri dengan Kebahagiaan di kanal YouTube UIY Official, ahad (23/4/2023).

UIY menanggapi hal tersebut karena momen kebahagiaan biasanya hanya berlangsung pada bulan Ramadhan dan Syawal saja. Selepas itu umat Islam akan menghadapi persoalan-persoalan yang penuh dengan penderitaan, yakni kemiskinan, penindasan dan penjajahan.

“Hari ini kita ber-Islam hanya dalam aspek spiritualisme ibadah puasa, Idul Fitri. Tapi begitu masuk ke ekonomi, politik, sosial, budaya, kita itu berada pada sesuatu yang bukan Islam,” ungkapnya menyayangkan.

Dan hal tersebut tentunya tidak akan terjadi apabila umat Islam berada dalam kehidupan yang Islami. “Kapan kita bisa hidup Islami dalam seluruh aspek kehidupan? Ketika kita berada dalam kehidupan Islam. Itu artinya syariat Islam diterapkan secara Kaffah,” jelasnya dengan optimis.

Ia menyoroti sikap pemimpin negara yang mempreteli semua hal yang berbau Islam, seperti misalnya larangan buka bersama dan peringatan Nuzulul Qur’an. Padahal itu merupakan momen penting untuk membangkitkan optimisme. Jika sudah demikian, maka yang bisa diharapkan bagi umat dalam membangkitkan optimisme adalah pemimpin umat.

“Jika pemimpin negara tidak melakukan itu, maka tersisalah pemimpin umat, para ulama, dai, ustadz-ustadzah di berbagai levelnya berbagai tempat terus membangun semangat keberislaman, semangat ketakwaan dan keimanan serta keyakinan akan pertolongan Allah bagi kehidupan yang lebih baik di masa akan datang,” pungkasnya. [] Langgeng W Hidayat

Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :