UIY: Pentingnya Dakwah untuk Mempertahankan Semangat Berislam dan Mewujudkan Islam - Tinta Media

Sabtu, 29 April 2023

UIY: Pentingnya Dakwah untuk Mempertahankan Semangat Berislam dan Mewujudkan Islam

Tinta Media - Cendekiawan Muslim Ustadz Ismail Yusanto (UIY) menyampaikan pentingnya dakwah agar umat terus memiliki semangat berislam dan mewujudkan Islam. 

"Jadi, di situlah pentingnya dakwah untuk mempertahankan umat ini agar terus memiliki semangat berislam dan mewujudkan Islam yang pada satu titik tertentu akan menjadi sebuah kekuatan perubahan yang sangat besar," ujarnya dalam program To The Point: Menyambut 'Idul Fitri dengan Penuh Kebahagian di kanal YouTube UIY Official, Sabtu (22/4/2023).

Menurutnya, dengan terjaganya kekuatan semangat berislam dan mewujudkan Islam di tengah umat ini akan menggeret perubahan pada level manapun termasuk pada level kekuasaan.

"Kekuasaan tidak akan bisa menahan desakan perubahan yang digerakkan oleh kekuatan umat," jelasnya.

Ustadz Ismail mengungkapkan, bahwa Rasulullah Saw. dalam kondisi sulit sekalipun tetap membangun optimisme kaum muslimin.

"Dalam perang khandaq, saat kaum muslimin dalam kondisi yang sangat sulitpun Rasulullah pernah menyatakan bahwa kaum muslimin akan menakhlukan Persia, Romawi dan Yaman yang merupakan negara-negara besar pada waktu itu," ungkapnya.

UIY juga menegaskan, penting adanya kepemimpinan umat yang harus membangkitkan ghirah (gairah semangat) di kalangan umat dengan berdasarkan kepada keimanan bahwa Allah Swt. akan menolong hamba-hamba-Nya yang menolong agama-Nya.

"Allah akan selalu bersama dengan orang-orang yang bertakwa," tegasnya.

Menurutnya, kepemimpinan umat yang dimaksud itu idealnya dilakukan bukan oleh pemimpin sekolah, tapi pemimpin umat hingga level negara.

Selain sebagai Nabi yang memimpin umat Islam, katanya, Rasulullah Muhammad Saw. pada waktu itu  juga berperan sebagai pemimpin negara yang membangun optimisme di kalangan umat atau di kalangan rakyatnya. 

"Bukan seperti ini hari yang justru 'mempereteli' semua hal yang berbau Islam," pungkasnya. [] Muhar
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :