UIY: Dunia Bukan Tempat Asli Hidup Manusia - Tinta Media

Minggu, 02 April 2023

UIY: Dunia Bukan Tempat Asli Hidup Manusia


Tinta Media - Menyoroti tentang kehidupan, Cendekiawan Muslim Ustadz Ismail Yusanto (UIY) mengatakan bahwa dunia ini bukan tempat asli hidup manusia.
 
“Jadi, dunia ini bukan tempat asli hidup kita. Tempat asli kita itu di surga. Bukankah nenek moyang kita Adam dan Hawa itu di surga? Oleh karena satu sebab kemudian diturunkan ke dunia,” tuturnya di acara #temanberbuka: Pandangan Akhirat, melalui kanal You Tube Khilafah Channel Reborn, Kamis (30/3/2023).
 
Karena itu Nabi berpesan kepada umatnya agar hidup bagaikan orang asing. “Asli kita bukan di sini (dunia) asli kita di surga. Karena itu kita sedang bergerak menuju ke sana. Cuma sampai atau enggak ke sana itu soal kedua tergantung kepada iman dan amal saleh kita,” sambungnya memberikan penjelasan.
 
Iman dan amal saleh itulah, kata UIY,  yang  akan memastikan sampainya manusia ke tempat aslinya yaitu surga. Pandangan seperti itu, menurutnya adalah pandangan akhirat yang dengan pandangan itu  manusia tidak akan mudah tersimpangkan atau tergoda untuk mengabaikan ketentuan-ketentuan Allah Swt.
 
“Kita akan menjaga hidup kita selalu di dalam jalan keimanan dan  ketakwaan, keimanan dan amal saleh. Kita akan menjadikan halal dan haram itu sebagai tolok ukur perbuatan kita.  Kita akan menjadikan hidup kita ini dikhidmatkan kepada Islam untuk terwujudnya kembali izul Islam wal muslimin (kemuliaan Islam dan umat Islam),” urainya.

Untuk menegaskan betapa hidup di dunia ini sangat singkat, UIY mengutip sabda Rasulullah Saw. yang menjelaskan bahwa hidup di dunia ini seperti pengendara yang bernaung di bawah pohon untuk istirahat kemudian berlalu meninggalkan pohon itu.
 
“Saat kita istirahat di bawah pohon itulah digambarkan oleh baginda  Rasulullah Saw. lama hidup kita di dunia ini,” tandasnya.
 
Oleh karena itu UIY lalu berpesan agar menjalankan hidup ini dengan kacamata akhirat, bukan dengan kacamata dunia.
 
“Kacamata dunia membuat orang tersimpangkan  seperti ini hari, menghalalkan segala cara, melakukan kezaliman, tak henti-hentinya menghambat perjalanan dakwah, menzalimi orang-orang yang mulia, para ulama, para habib,  para pejuang, pengemban dakwah, dan melakukan hal-hal lain yang tidak diridhoi  Allah Swt.,” ujarnya mengingatkan.
 
Memungkasi penuturan, UIY berharap agar umat Islam senantiasa menjaga diri, senantiasa memiliki pandangan akhirat, pandangan yang akan menyelamatkan hidup di dunia hingga akhirat. [] Irianti Aminatun
 
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :