Pengamat: Kemesraan Iran-Saudi Bukan Kemesraan Hakiki yang Diharapkan umat - Tinta Media

Senin, 17 April 2023

Pengamat: Kemesraan Iran-Saudi Bukan Kemesraan Hakiki yang Diharapkan umat

Tinta Media - Pengamat Politik Internasional Ustadz Budi Mulyana menegaskan kemesraan Iran Saudi bukanlah kemesraan yang hakiki dihadapkan umat. "Kemesraan Iran Saudi yang semu ini, bukan kemesraan yang hakiki yang diharapkan oleh Umat Islam," ujarnya kepada Tinta Media, Sabtu (15/4/2023). 

Menurutnya, memang hubungan antara keduanya dapat meredam ketegangan di Timur Tengah, namun sarat akan kepentingan pragmatis kedua negara. 

"Baik dalam konteks pembangunan beberapa infrastuktur yang dikerjasamakan dengan Cina, maupun terkait dengan balance of powernya terhadap hegemoni Amerika Serikat yang meredup di kawasan Timur Tengah," ungkapnya. 

Ia menilai, hubungan Iran Saudi memang dinamis. "Namun kadang berada dalam ketegangan bila dikaitkan dengan rivalitas pengaruh keduanya di kawasan, atau bila dikaitkan dengan isu sunni-syiah," jelasnya. 

Menurutnya, kedua negara tersebut memiliki karakter yang unik sehingga berakibat relasi antara keduanya relatif dinamis. "Tinimbang negara-negara lain di kawasan Timur Tengah," pungkasnya. [] Robby Vidiansyah Prasetio
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :