Penerapan Syariat Islam untuk Mendapatkan Hakikat Ketakwaaan - Tinta Media

Selasa, 04 April 2023

Penerapan Syariat Islam untuk Mendapatkan Hakikat Ketakwaaan


Tinta Media - Ulama Aswaja Jatim Ustadz Muhammad Ahsan menuturkan, penerapan syariah Islam  secara kaffah itu untuk mendapatkan sebenar-benarnya takwa.

“Menerapkan hukum syariat Islam secara kaffah dalam semua aspek kehidupan kita bagi kaum muslimin itu untuk mendapatkan sebenar-benarnya takwa,” ungkapnya dalam acara Teman Sahur: Meraih Kesuksesan Ramadhan di kanal Youtube Kaffah Channel, Rabu (29/3/2023).

Menurutnya, seseorang yang takut kepada Rabb Yang Maha Agung, mengamalkan apa yang sudah Allah turunkan, dan mempersiapkan diri menghadapi hari kiamat hari akhir merupakan tiga ciri orang bertakwa saat diterapkannya syariat Islam.

“Penerapan Syariat Islam menjadikan seseorang bersegera melaksanakan hukum Syariat dan bahkan menjadi garda terdepan untuk berdakwah sehingga syariat islam benar-benar diterapkan,” jelasnya.

Ustadz Ahsan menuturkan, kunci penerapan Syariat Islam adalah dengan aktifitas dakwah ditengah–tengah masyarakat secara jama’i untuk melakukan dakwah bil Khoir dan dakwah Amar ma'ruf nahi mungkar.

“Dakwah yang di maksud tentunya bukan sekedar dakwah ajakan rajin sholat dan ngaji, namun juga menyadarkan masyarakat tentang kesempurnaan Islam, bahwa Islam bukan cuma agama tapi juga the way of life atau ideologi,” tegasnya.

Ia menambahakan, dengan penerapan hukum syariah yang dilakukan oleh umat, maka umat akan dapatkan kesejahteraan dan kemaslahatan-kemaslahatan. Karena, Islam itu tidak hanya mengatur shalat, puasa, zakat. Tapi, Islam itu juga mengatur ekonomi, mengatur sosial budaya, mengatur pendidikan, mengatur pertahanan keamanan, mengatur politik bahkan Islam mengatur hubungan kerjasama luar negeri. 

“Semua itulah yang disebut Islam kaffah," tutupnya. [] Abi Nayara

Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :