PAKTA: Kedatangan Investasi Cina Menggembirakan Oligarki - Tinta Media

Senin, 17 April 2023

PAKTA: Kedatangan Investasi Cina Menggembirakan Oligarki

Tinta Media - Direktur PAKTA (Pusat Kajian Analisis Data) Dr. Erwin Permana mengungkapkan bahwa oligarki sangat gembira dan berpesta pora di balik datangnya investasi Cina ke Indonesia.

"Kalau ditanya ini menggembirakan atau tidak? Tergantung dari perspektif, dari kacamata siapa? Kalau dari kacamata oligarki, ini menggembirakan sekali, karena oligarki pesta pora di balik investasi Cina yang datang ke Indonesia," terangnya dalam Kabar Petang: RI - China Makin Lengket, Kini Luhut Rayu China Untuk ... di Channel YouTube Khilafah News, Sabtu (8/4/2023)

Ia mengatakan, oligarki membangun berbagai macam proyek di Indonesia, mulai dari proyek infrastruktur, kemudian tambang nikel, dan segala macamnya.

"Tapi kalau ini dari perspektif masyarakat, ini bukan menggembirakan, justru sebaliknya ini menyedihkan. Sangat menyedihkan sekali," tegasnya.

Sebab, alibinya, bagaimana pun yang namanya kerja sama proyek bisnis dengan Cina itu bukan sebatas investasi. "Maksudnya di sini bukan sebatas uangnya saja yang datang ke sini, tapi juga kemudian dilengkapi dengan tenaga kerja. Terus kemudian materialnya juga datang dari Cina gitu," pungkasnya.[] Wafi
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :