Kiai Zainulloh Muslim Jelaskan Sumber Pendapatan Negara Khilafah - Tinta Media

Jumat, 07 April 2023

Kiai Zainulloh Muslim Jelaskan Sumber Pendapatan Negara Khilafah

Tinta Media - Pengasuh TPQ dan Pondok Tahfidz Al Itqon Kiai Sepuh Zainulloh Muslim  membeberkan sumber pendapatan negara khilafah.

"Lalu dari mana pendapatan yang diperoleh oleh negara kekhilafahan ketika itu? Ternyata sumber pendapatan itu banyak sekali diantaranya ghanimah, anfal, fa’i, kharaj, jizyah, khumus kemudian hasil tambang, laut dan juga hutan serta yang lain-lainnya,” ungkapnya dalam acara Multaqo Ulama Aswaja Tapal Kuda 1444 Hijriah yang bertajuk, “Membangun Ketahanan Ekonomi Tanpa Pajak, Bisakah?” Selasa (21/3/2023 di kanal YouTube Bromo Bermartabat.

Ia menceritakan, ketika pada masa kekhilafahan Umar bin Abdul Aziz sampai-sampai  tidak ada kaum muslimin dari negeri kekhilafahan itu yang mau menerima zakat. "Sementara yang berzakat berjumlah banyak menggambarkan kesejahteraan umat manusia saat itu,” sambungnya.

"1300 tahun lamanya Islam diadopsi sebagai ideologi oleh khilafah islamiah dan membuktikan perekonomian ketika itu berkembang dengan pesat,” tegasnya.

Menurutnya, sistem ekonomi yang berjalan di bawah sistem khilafah dapat menghantarkan manusia pada kesejahteraan dan keadilan ekonomi. "Hal ini dapat dilihat dari sejarah gemilang kekhilafahan," pungkasnya.[] Kang Apin

 
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :