Khilafah Punya Andil Besar untuk Dakwah Islam di Tanah Jawi - Tinta Media

Minggu, 23 April 2023

Khilafah Punya Andil Besar untuk Dakwah Islam di Tanah Jawi

Tinta Media - Sejarawan Muslim Nicko Pandawa mengatakan, bahwa Khilafah Islamiyyah di Turki punya andil besar dalam dakwah dan keilmuan Islam di Tanah Jawi.

"Para khalifah ternyata mempunyai peran yang sangat besar bagi pengembangan dakwah dan keilmuan kita," ucapnya dalam acara Teman Sahur: Sumbangsing Khilafah dalam Dakwah di Negeri Jawi, Senin (17/4/2023) di kanal YouTube Rayah TV.

Hal ini, ujar Nicko, bisa dilihat dari kitab Tarjumanul Mustafid karya ulama Aceh Tuan Syeikh Abdur Rauf bin Ali al-Fansuri al- Singkili al-Jawi yang penyuntingan dan percetakan nya banyak disponsori oleh Khilafah Islamiyyah di Konstantinopel.

"Ditulis disini bahwa kitab ini dicetak di Konstantinopel dalam naungan Kesultanan yang Agung dan dengan tanggungan pengetahuan umum Khilafah Utsmaniyyah," ungkapnya.

Kitab ini, lanjut Nicko, mempunyai peran penting dalam penyebarluasan Al-Qur'an di tanah Jawi atau Asia Tenggara yakni Al-Qur'an yang beredar semua berbahasa Arab. "Maka untuk menyebarluaskan lebih jauh lagi, Syeikh Abdur Rauf as-Singkili menulis kitab ini dalam bahasa jawi/melayu," ungkapnya. 

Menurutnya, hal tadi menunjukkan Khilafah Utsmani dan Sultan Abdul Hamid II yang kala itu menjabat sebagai Khalifah punya koneksi dengan umat islam dan punya peran signifikan dalam penyebarluasan ilmu agama islam di negeri Jawi.

"Walaupun umat islam di Jawi sedang dalam penjajahan Inggris atau Belanda tapi mereka tetap loyal dan mendapatkan naungan serta pengayoman dari Khalifah," bebernya.

Menurut Nicko, ini menjadi bukti agar kita tidak menjadi generasi denial (penyangkalan) yang menolak Khilafah. "Yang ternyata (Khilafah) punya peran agung dalam penyebarluasan dan pelestarian Al-Qur'an di negeri kita tercinta," pungkasnya [] Muhammad Ikhsan Rivaldi
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :