Inilah Keutamaan Orang Berilmu - Tinta Media

Senin, 17 April 2023

Inilah Keutamaan Orang Berilmu

Tinta Media - Mudir IBS (Islamic Boarding School) Insantama Ustaz Choirul Annas, Lc. menyampaikan ada tiga keutamaan orang berilmu yang harus diketahui. 

“Ada tiga keutamaan yang akan diperoleh bagi orang yang berilmu,” tuturnya dalam #temanberbuka : Wajib Simak Ini! 3 Keutamaan Orang Berilmu yang Perlu Kamu Ketahui, Ahad (9/4/2023) di kanal Youtube Khilafah Channel Reborn. 

Ustaz Annas menguraikan dua keutamaan orang yang berilmu di antaranya adalah disejajarkan haknya dengan pemimpin yang adil dan orang-orang yang sudah tua beruban tapi tetap istiqomah dalam Islam. Hal ini, lanjutnya seperti yang disebutkan dalam hadist Rasulullah riwayat Jabir yang artinya : tiga golongan yang tidak direndahkan karena hak mereka kecuali oleh orang-orang munafik. Yang pertama adalah orang yang sudah beruban dalam Islam, yang kedua adalah Imam atau pemimpin yang adil, dan yang ketiga adalah yang mengajarkan ilmu dan kebaikan.

“Ketika kita mau mempelajari ilmu, menambah ilmu yang kita miliki, belajar dengan serius, menghafalkannya, mengajarkannya, mengamalkannya, lalu menyebarluaskannya, maka kedudukan kita begitu istimewa sampai disamakan dengan pemimpin yang adil,” ujarnya.

Mengutip perkataan Imam Ibnu Wahab, ustaz Annas menyebutkan kewajiban orang yang sudah berilmu adalah senantiasa bersikap tenang dan mengikuti jalan orang-orang berilmu sebelumnya. “Bahkan dikatakan oleh Sufyan ast Tsauri : jika aku tidak tahu maka kesusahanku akan berkurang,” tambahnya. Artinya ketika seseorang itu memiliki ilmu, Allah akan tunjukkan kebaikan pada pada dirinya. Pun demikian ketika ia tidak tahu bisa jadi kesusahannya yang akan berkurang,” tambahnya sekaligus menunjukkan keutamaan ketiga bagi orang berilmu.

Dengan belajar ilmu, tegasnya sekali lagi, Allah Swt. telah mensejajarkan kedudukan orang berilmu dengan para pemimpin yang adil dan orang yang istiqomah dalam Islam. “Kalaupun sedikit ilmu yang kita miliki, kesusahan kita juga tetap dikurangi oleh Allah Swt. Syukron lakum,” pungkasnya.[] Erlina
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :