Hasilkan Keuntungan Materi, Kapitalisme Dinilai Komersialisasikan Pendidikan - Tinta Media

Jumat, 21 April 2023

Hasilkan Keuntungan Materi, Kapitalisme Dinilai Komersialisasikan Pendidikan

Tinta Media - Kapitalisme dinilai Media Muslimah Media Center (MMC) mengkomersialisasikan pendidikan karena dipandang bisa menghasilkan keuntungan materi.

"Kapitalisme adalah ideologi yang hanya mengedepankan keuntungan materi. Alhasil ketika layanan publik seperti pendidikan dipandang bisa mendatangkan keuntungan maka sektor ini akan dikomersialisasi akibatnya banyak anak dari keluarga miskin tidak bisa mengakses layanan pendidikan," tutur narator Muslimah Media Center dalam program Serba Serbi: Mahalnya Pendidikan Memaksa Anak Bekerja, Kapitalisme Menyengsarakan Rakyat, Ahad (16/4/2023) di kanal YouTube Muslimah Media Center.

Narator mengatakan, akibatnya sistem pendidikan saat ini sulit dijangkau oleh kaum dengan ekonomi rendah. Seperti yang terjadi pada seorang remaja putri berinisial Au, 14 tahun asal Malaka Nusa Tenggara Timur. 

“Agar tetap bisa belajar, ia hampir menjadi korban perdagangan orang. Ia tergiur kerja ke Malaysia agar dapat membayar tunggakan uang sekolah yang nominalnya mencapai 180.000. Jika ia tidak membayar, maka ia tidak bisa ikut ujian sekolah,” ujarnya. 

Narator mengungkap, Au adalah siswi kelas 3 salah satu sekolah menengah pertama atau SMP negeri di kabupaten Malaka yang akan dibawa ke Malaysia untuk dijadikan sebagai pekerja migran Indonesia. "Namun pihak kepolisian berhasil menggagalkan upaya perdagangan manusia," katanya.

Mengutip data Badan Pusat Statistik, MMC mengatakan, data yang diperoleh berdasarkan survei ekonomi nasional tahun 2021 76% keluarga mengakui anaknya putus sekolah karena alasan ekonomi. "Sebagian besar yakni 67% diantaranya tidak mampu membayar biaya sekolah, sementara sisanya 8,7% harus mencari nafkah," pungkasnya.[] Mas Imam


Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :