UIY: Gadget Penyebab Lumrahisasi Kejahatan - Tinta Media

Rabu, 22 Maret 2023

UIY: Gadget Penyebab Lumrahisasi Kejahatan

Tinta Media - Cendekiawan Muslim Ustadz Muhammad Ismail Yusanto (UIY) menilai gadget sebagai salah satu penyebab lumrahisasi kejahatan.

"Penyebab lumrahisasi kejahatan salah satunya karena penggunaan gadget," ujarnya dalam Fokus To the Point: Kejahatan Makin Sadis, Apa Penyebabnya? Sabtu (18/3/2023) di kanal YouTube UIY Official Channel. 

Menurutnya, lumrahisasi itu terbentuk atau terjadi karena saking seringnya menyaksikan, melihat dan mendengar kejahatan itu sendiri. "Nah ini adalah salah satu efek buruk dari gadget,” tegas UIY.

“Sekarang ini, siapapun bisa mengakes berbagai peristiwa yang ada di muka bumi ini di berbagai tempat dengan mudah. Ketika mereka menyaksikan dalam frekuensi yang sangat sering maka akan terbentuk pada dirinya satu pandangan bahwa hal seperti itu sebagai sesuatu yang biasa atau lumrah, maka terjadilah apa yang saya katakan tadi lumrahisasi kejahatan,” jelasnya.

Faktor Lain

Faktor lainnya, UIY menyebut tidak adanya hukum yang tegas dan karena integritas social. “Mereka melihat tidak ada satu tindakan yang keras, hukuman yang membuat pelaku kejahatan itu berfikir sekian kali, artinya hukum yang ada sekarang itu tidak memberikan efek jera, tidak memberikan efek pencegahan, ini faktor yang kedua, misalnya orang membunuh paling rendah lima belas tahun, potong masa tahanan, mungkin separu, setelah itu bebas jadi tidak memberikan efek jera,” bebernya.

“Kemudian yang ketiga, kita melihat tentu saja ini terkait integritas personal, jadi situasi ekonomi yang menekan, pergaulan bebas, membuat akhirnya banyak orang itu terdorong melakukan kejahatan seperti kasus perempuan yang dicor, itukan sebetulnya persoalan sepele awalnya, yaitu orang berutang, ditagih tapi kemudian terjadi cekcok lalu ya,” jelasnya.

Ia menilai ada kecenderungan seseorang itu melakukan apa yang disebut sebenarnya bagian dari lumrahisasi kejahatan itu.  “Kekerasan itu sebagai bagian dari jalan penyelesaian persoalan,” ujarnya.[] Indra Gundy S.
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :