Kedatangan Timnas Israel Murni Olahraga Hanya Manipulasi - Tinta Media

Rabu, 15 Maret 2023

Kedatangan Timnas Israel Murni Olahraga Hanya Manipulasi

Tinta Media - Menyoroti kedatangan timnas Israel ke Indonesia yang dianggap murni olahraga, menurut Pengamat Politik Internasional Budi Mulyana, S.IP., M.Si. hanya manipulasi.

"Artinya, dengan menyatakan bahwa tidak ada atau jangan dikaitkan dengan unsur politik itu, menurut saya itu hanya manipulasi saja," tuturnya dalam Rubrik Dialogika: Israel Datang, Pemerintah Setuju Penjajahan? Sabtu (11/3/2023) di kanal Youtube Peradaban Islam.ID.

Menurutnya, pada faktanya unsur politik itu ada di dalam penyelenggaraan kegiatan event olahraga, bahkan di dalam event-event lain.

"Pendekatan hubungan antar negara itu bisa berbagai jalan. Olahraga, ekonomi, politik yang memang utamanya," jelasnya.

"Bahkan sekarang merambah ke kuliner dan macam-macam. Artinya, semua unsur itu, bisa dikaitkan dengan aspek-aspek hubungan antar negara. Hubungan antar negara itu adalah bagian dari cara mainstreamnya," terangnya.

Ia menilai interaksi antar negara dan aktivitasnya tentu terkait dengan konteks politik. "Mau tidak mau, walaupun bicaranya tadi olahraga, mungkin fashion, unsur-unsur politik itu selalu masuk di sana, karena ini kan masalah terkait dengan penyelenggaraan yang melewati lintas negara," ungkapnya.

Ia memandang, secara administrasi politik pun akan terkait. Misalkan kehadiran orang-orang seperti pemain sepak bola, pelatih dan supporter. Itu kan membutuhkan izin dari negara penyelenggara untuk masuk. "Adanya visa, adanya izin negara untuk memasukkan warga lain dengan alasan apapun, itu adalah motif politik," pungkasnya.
[]'Aziimatul Azka
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :