Indonesia Berkah dengan Islam Kaffah - Tinta Media

Jumat, 10 Maret 2023

Indonesia Berkah dengan Islam Kaffah

Tinta Media - Dapat kita lihat bahwa pada saat ini negara telah gagal dalam urusan memenuhi kebutuhan hidup rakyat akibat salah mengadopsi sistem negara. Selama sistem kapitalisme masih dijadikan landasan untuk membangun sebuah negara, maka selamanya kegagalan demi kegagalan akan diperoleh negeri ini.

Allah Swt. berfirman:

"Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian akibat dari perbuatan mereka Agar mereka kembali ka jalan yang benar." (TQS.Ar-Ruum:41)

Imam As-Syaukani menjelaskan bahwa kerusakan yang dimaksud oleh ayat di atas mencakup semua jenis kerusakan yang ada di bumi, baik kerusakan alam, kerusakan ekonomi, politik, pendidikan, moral dll.

Pada saat ini dapat dilihat kondisi negeri ini benar-benar memperhatinkan, misalnya kasus pelajar hamil di luar nikah, para koruptor yang semakin merajalela, kenaikan harga listrik dan BBM. Juga semakin menumpuknya utang negara di sepanjang tahunnya. 

Yang lebih parah dari semua itu adalah pemerintah selalu menuduh dan menempatkan rakyat khususnya kaum muslimin sebagai “musuh” negara. Kaum muslimin yang sangat menginginkan dan memperjuangkan tegaknya syariat Islam di negeri ini malah dituduh seenaknya sebagai kelompok radikal. Semua masalah itu tidak akan hilang selagi Indonesia masih mengadopsi sistem kapitalisme. 

Sebagaimana firman Allah, 

“Dan sekiranya penduduk negeri beriman dan bertakwa, pasti kami melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi. Tetapi ternyata mereka mendustakan (ayat-ayat) kami, maka kami siksa mereka sesuai dengan apa yang mereka kerjakan.” (QS.Al-a’raf : 96). 

Maka dari itu, Islamlah satu-satunya jalan keluar dari semua permasalahan yang ada di negeri ini. Sudah sepantasnya manusia sebagai makhluk ciptaan Allah, tunduk kepada aturan dan perintahnya, bukan kepada aturan ciptaan manusia yang serba kurang dan selalu berubah-ubah mengikuti perkembangan zaman dan kepentingan kelompok tertentu. 

Islamlah satu-satunya sistem yang dibuat oleh Sang Khaliq untuk mengatur makhluk-makhluk di bumi ini. Aturan itu dibuat dengan baik dan bermanfaat bagi seluruh makhluk.

Allah Swt. berfirman:

“Menetapkan hukum hanyalah hak Allah. Dia menerangkan yang sebenarnya dan Dia memberi keputusan yang baik” (QS Al-an’am [6]: 57). 

Pelajaran yang bisa dipetik dari penggalan ayat ini adalah menetapkan hukum itu merupakan hak Allah Swt. Dia mengatur urusan manusia dengan baik. Jadi, hukum terbaik adalah hukum yang berasal dari Allah sebagai Pencipta. 

Wallahua'lam bishshawab

Oleh: Muhammad Faiz Al-Furqoni
Santri Ponpes Nibrosul Ulum Sidoarjo


Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :