IJM: Kebangkitan Cina tergantung Eropa dan Amerika - Tinta Media

Minggu, 26 Maret 2023

IJM: Kebangkitan Cina tergantung Eropa dan Amerika

Tinta Media - Direktur Indonesia Justice Monitor (IJM) Agung Wisnuwardana mengungkapkan bahwa menguatnya politik Cina tergantung pada perdagangan luar negerinya, terutama  pasar-pasar Eropa dan Amerika.

"Kebangkitan Cina dan menguatnya politik Cina semuanya tergantung sepenuhnya pada perdagangan luar negerinya. Yang mana pasar-pasar Eropa dan Amerika merupakan urat nadi untuk kemajuan Cina," jelasnya dalam tayangan berjudul Biden Cemas! Ini Skenario Putin-Xi Jinping Untuk Kuasai Dunia di kanal YouTube Justice Monitor, Jumat (25/3/2023)

 Ia menyebut hal ini sebagai beberapa fakta yang menarik terkait konsolidasi gerakan Cina dan Rusia untuk menguasai dunia.

"Hal yang berbeda dalam konteks ini dari Rusia yang mewarisi semangat kemiliteran dan agrevisitas dari Uni Soviet. Di sisi lain, Cina terus melakukan manuver bersama dengan Rusia di laut lepas di Asia dan di luar Asia," ujarnya.

Dan di dalam banyak hal, ia menjelaskan bahwa Cina ingin berada di tengah, agar tidak kehilangan Rusia yang dibutuhkannya  jika terjadi konflik antara Cina dan Amerika, karena perdagangannya merupakan urat nadi perekonomiannya.

"Ini dia kekuatan yang cukup menarik bisa kita lihat. Cina dengan perdagangan luar negerinya. Rusia dengan warisan energi agresinya. Ketergantungan Cina pada Amerika dalam politik dan ekonominya," pungkasnya.[] Wafi
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :