Dengan Ilmu, Allah SWT Tampakkan Keutamaan Nabi Adam atas Malaikat - Tinta Media

Rabu, 29 Maret 2023

Dengan Ilmu, Allah SWT Tampakkan Keutamaan Nabi Adam atas Malaikat

Tinta Media - Pengasuh Kajian Mutiara Ummat, Ustadzah L. Nur Salamah, S.Pd. menyampaikan bahwasanya Allah SWT menampakkan keutamaan Nabi Adam karena Ilmunya.

"Dengan ilmu, Allah SWT menampakkan keutamaan Nabi Adam 'Alaihi Salam atas para malaikat dan diperintahkan kepada para malaikat untuk bersujud kepadanya," tuturnya pada saat menyampaikan kajian Kitab Adab Ta'limu Al Muta'alim, Sabtu (18/3/2023) di Batam.

Sujud yang dimaksudkan di sini, imbuhnya, bukanlah sujud menyembah, akan tetapi sujud tersebut merupakan sujud i'tiram atau sujud penghormatan.

Selanjutnya, ia mengatakan bahwa kemuliaan ilmu itu menjadi wasilah yang mengantarkan kepada kebaikan dan ketakwaan. "Dan sesungguhnya, kemuliaan ilmu dikarenakan wasilah sebagai wasilah kepada kebaikan dan ketakwaan," ujarnya.

Dengan ilmu tersebut, kata Ustadzah Nur, manusia berhak mendapatkan kemuliaan di sisi Allah SWT dan mendapatkan kebahagiaan yang abadi. Sebagaimana dikatakan kepada Syaikh Muhammad bin Hasan semoga Allah SWT merahmati keduanya. Beliau bersyair.

Bunda, sapaan akrabnya juga membacakan bunyi syair dari Muhammad bin Hasan. "Belajarlah, karena sesungguhnya ilmu itu perhiasan bagi pemiliknya," terangnya.

Yang namanya perhiasan, kata Bunda, identik dengan sesuatu yang mahal harganya, bisa mempercantik diri, menjadi pusat perhatian dan menjadikannya mulia dan terhormat. 

Terakhir, sebagai pengasuh kajian, ia berpesan agar kita itu terus memperbaiki diri dengan ilmu dan amal kebaikan. "Maka, tidak ada cara lain bagi kita sebagai manusia, jika ingin hidupnya mulia, dan dimuliakan maka harus menuntut ilmu dan beramal sesuai dengan ilmu yang kita kaji," pungkasnya.[] Bey
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :