Tips Menghilangkan Kebosanan - Tinta Media

Sabtu, 11 Februari 2023

Tips Menghilangkan Kebosanan

Tinta Media - Rutinitas sering membuat kita bosan, gitu-gitu aja tidak ada yang menarik untuk dilakukan. Untuk menghilangkan kebosanan, terkadang kita memilih aktifitas yang membuat kita merasa senang, seperti bermain game online. Gak sadar kita melakukan aktifitas yang tidak membawa kebaikan untuk diri sendiri ataupun orang lain. Rugi sekali, banyak waktu luang hanya diisi dengan perbuatan sia-sia yang tidak menciptakan jejak-jejak kebaikan dan tidak pula membuat kita menjadi lebih baik.

Padahal waktu adalah sesuatu yang sangat berharga jika dimanfaatkan untuk kebaikan. Waktu akan terus berjalan dan tidak bisa diulang kembali. Banyak waktu luang membuat bosan, padahal jika dimanfaatkan, bisa menghasilkan karya yang luar biasa. Rugi, jika aktifitas yang sia-sia dilakukan hanya untuk menghilangkan kebosanan. Celaka, jika kita sampai lupa kewajiban sebagai seorang Muslim apalagi jika sampai terjerumus pada sesuatu yang haram, hanya karena ingin menghilangkan kebosanan. Tips untuk menghilangkan kebosanan semoga bermanfaat agar kita selalu tertunjuki di jalan yang benar dan agar kita tidak termasuk orang-orang merugi dalam hidup ini.

Gaes, pertama ciptakan hobbi yang tidak hanya membuatmu senang untuk menghilangkan kebosanan, tapi juga memberi nilai manfaat yang akan kau dapat. Sebagai contoh, hobbi membaca perlahan akan menambah pengetahuan dan meningkatkan kemampuan. Kamu akan menjadi sosok hebat jika kamu suka membaca tanpa kau sadari. Jadikan membaca menjadi hobbi menyenangkan yang bisa menghilangkan kebosanan. Kamu bisa mulai dengan bacaan-bacaan ringan yang membuat hati mu senang dan serta pemahaman mu tercerahkan. Hobbi membaca awalnya memang harus dipaksakan tapi perlahan kamu akan suka. Saat kamu sudah mulai menyukai membaca, tidak terasa banyak hal yang akan kamu dapat. Pastinya, kebosananmu perlahan akan hilang, berubah dengan rasa ingin tahu yang tinggi yang mendorongmu untuk terus belajar. Waktu yang berharga tidak dibiarkan sia-sia dengan suka membaca.

Kamu juga bisa kembangkan kemampuanmu untuk menulis. Alirkan saja gagasan cemerlang yang kamu dapat dari apa yang kamu baca dalam tulisan. Hobbi membaca dan menulis akan membuat waktumu lebih berharga, sehingga tidak ada lagi kata membosankan karena waktu diisi dengan kesibukan yang menyenangkan dan perlahan mengubah dirimu menjadi pribadi unggul dengan pengetahuan dan kemampuan yang melejit luar biasa. Setiap waktu berharga untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan kemampuan. Perlahan kamu akan menjelma sosok remaja hebat dengan segudang prestasi yang membanggakan orang tua mu.

Kedua, jalin hubungan dengan teman-teman baik dalam barisan dakwah, insyaallah kalian akan disibukkan dengan kebaikan. Bersama mereka, kamu terdorong untuk lebih kreatif dalam menciptakan peluang yang membuat pikiran menjadi segar dan jauh dari kebosanan. Disaat galau, resah dan gelisah, kalian bisa saling mengingatkan dan menguatkan untuk terus konsisten pada kebenaran. Upgrade pengetahuan dan kemampuan dengan terus mengaji dan mengikuti forum diskusi agar kamu menjadi sosok pemimpin masa depan yang memiliki karakter khas, berkepribadian Islam dengan pola pikir dan sikap Islami. Bersama teman-teman dalam barisan dakwah, kebosanan akan perlahan menghilang dan berubah menjadi tantangan untuk menciptakan peluang dakwah agar lebih banyak lagi remaja yang tercerahkan dengan Islam. 

Yang terakhir, jalan lupa menjalankan kewajiban sebagai Muslim sejati. Sholat dan sabar adalah solusi Islami saat kau dalam masalah termasuk saat hati mu merasa bosan. Sholat membuat hatimu merasa tenang dan tentram dengan mendekatkan diri kepada Illahi Rabbi. Sholat juga membuat diri kita menjadi lebih kuat dan tegar menghadapi berbagai permasalahan kehidupan. Semangat akan tetap terjaga disetiap langkah kita dan kebosanan akan berubah menjadi tantangan yang harus ditaklukkan sehingga hidup akan berwarna, indah, dan berkah. Yakinlah taqwa adalah kata kunci untuk menyelesaikan semua masalah. Selama kita mau mengatur hidup ini dengan Islam dengan menjalankan perintahNya dan menjauhi laranganNya, tidak ada lagi kata bosan. Allah akan memberikan jalan terbaik dan solusi setiap masalah jika kita mau bertaqwa. 

Teruslah Berkarya dan meningkatkan kemampuan, bukan hanya mengejar kesenangan. Waktu adalah kesempatan untuk berubah menjadi lebih baik dan menciptakan jejak-jejak kebaikan. Apapun potensi yang kita punya harus dikembangkan dan dilatih agar lebih hebat dan canggih. Banyak keahlian yang bisa diasah yang bisa membuat kita luar biasa. Namun, sering banyak waktu luang membuat kita merasa bosan. Padahal waktu adalah kesempatan untuk berubah, berkarya dan menciptakan banyak kebaikan. Merubah kebosanan menjadi peluang yang berharga, sehingga hidup menjadi penuh warna dengan banyak aktifitas yang bermanfaat. Sungguh beruntung jika kita mampu memanfaatkan waktu yang sebagai peluang untuk berkarya, bukan hanya mengejar kesenangan yang tidak ada manfaatnya hanya untuk menghilangkan kebosanan. Jika kamu aktif dengan banyak kegiatan bervariatif, insyaallah tidak ada lagi kata bosan dalam hidup. Semoga tips diatas bisa membuat kita jauh dari kebosanan sehingga hidup akan terasa lebih hidup dan indah.

Oleh: Mochamad Efendi
Sahabat Tinta Media 
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :