KEBIASAAN BURUK MAHASISWA YANG MENGHAMBAT KESUKSESAN DALAM BELAJAR - Tinta Media

Selasa, 21 Februari 2023

KEBIASAAN BURUK MAHASISWA YANG MENGHAMBAT KESUKSESAN DALAM BELAJAR

Tinta Media - Menjadi seorang mahasiswa adalah sesuatu yang didambakan setiap orang, memiliki tempat yang baik untuk belajar, teman-teman yang berjuang mencari ilmu, relasi semakin banyak, dosen yang berpengalaman dan banyak hal-hal positif yang didapatkan ketika kita masih menyanang status mahasiswa, namun tau kah kamu ada beberapa kebiasaan buruk yang menghambat proses belajar ketika masih berkuliah. Apakah itu yuk kita bahas bersama-sama.

1. Menunda Waktu
 Menunda waktu adalah kebiasaan yang harus dihindari oleh mahasiswa, karena kebiasaan ini adalah kebiasaan orang-orang gagal, biasanya menunda waktu ini terjadi karena kita menganggap bahwa pekerjaan yang kita lakukan itu tidak penting atau karena adanya banyak gangguan dI sekitar kita seperti handpone, teman-teman yang sering mengajak bermain game dan sebagainya. Menunda waktu ini bukan hanya terjadi pada pekerjaan – pekerjaan yang bentuknya di dunia tapi menunda sholat pun itu termasuk menunda waktu. Maka bagaimana solusi untuk menghindari kebiasaan ini, salah satu cara nya adalah membuat list tugas harian pekerjaan apa saja yang harus segera di selesaikan dan ditempel didinding kamar tidur.

2. Terlalu Banyak Rebahan atau Tidur
 Mahasiswa itu adalah fase produktifitas yang paling baik, dimana tubuh sangat kuat, pikiran sangat tajam, dan pergerakan sangat lincah. Rebahan bukanlah suatu hal yang salah tapi jika terlalu banyak akan menyebabkan kemalasan, sudah sepantasnya kita memanfaatkan semua yang ada, terus bergerak mencari ilmu, membaca atau melakukan produktifitas yang baik.

3. Tidak Tau Tujuan Berkuliah
 Ikut alur aja, perkataan kebanyakan manusia yang sering terdengar di telinga. Tidak tau tujuan untuk berkuliah adalah masalah yang besar, dan ini adalah kebiasaan buruk yang harus dihindari, maka sebelum memutuskan untuk berkuliah, putuskan terlebih dahulu apa tujuan berkuliah, maka tidak heran banyak orang yang merasa kalau dia salah jurusan hingga memtuskan untuk berhenti.

4. Malas berolahraga
 Olahraga adalah kegiatan yang bermanfaat untuk menjaga kebugaran tubuh, menyisihkan waktu untuk berolahraga adalh investasi kesehatan terbaik, maka jangan sungkan untuk ikut gym atau sekedar lari 30 menit setiap pagi. Dengan tubuh yang sehat dan bugar akan memudahkan kita untuk bergerak, belajar dan melakukan kegiatan-kegiatan positif.

6. Malas Membaca
 Membaca adalah hal yang wajib bagi penuntut ilmu bahkan diperintahkan oleh Allah dalam firman’nya di surat At-Talaq ayat pertama yang artinya “bacalah”, tapi sekarang banyak mahasiswa yang hanya masuk kuliah, pulang, dan tidak pernah mengulang pelajaran apalagi menambah ilmu yang lain. Sukses tidak jauh dari membaca, maka mulai sekarang biasakan membaca karena membaca adalah kewajiban menuntut ilmu.

7. terlalu banyak konsumsi sosial media yang tidak penting
 Di era sekarang siapa yang tidak suka sosial media, sosial media adalah hal yang wajib untuk anak muda tapi jika di konsumsi secara berlebihan ini akan mengganggu pelajaran, membuat tidak fokus dalam belajar dan bahkan banyak mahasiswa yang belajar sambil main handpone padahal hati tidak menerima 2 hal secara bersamaan.
Semoga bermanfaat.

Oleh: Abd Furqon Luthfi Ali 
Mahasiswa Sekolah Tinggi Ekonomi Islam SEBI
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :