Isra' Mi'raj 1444 H, UIY: Merumuskan Problem Utama Umat Itu Penting - Tinta Media

Minggu, 19 Februari 2023

Isra' Mi'raj 1444 H, UIY: Merumuskan Problem Utama Umat Itu Penting

Tinta Media - Cendekiawan Muslim Ustadz Muhammad Ismail Yusanto (UIY)  mengingatkan pentingnya merumuskan problem utama umat.
 
“Perjuangan itu tugas utama yang paling penting dalam konteks hari ini adalah merumuskan problem utama umat itu apa?” tuturnya di acara Isra Mi’raj Talkshow Indonesia 1444 H, Sabtu (18/2/2023).
 
Umat Islam hidup tanpa pemimpin itu baru terjadi saat ini, karena itu wajar kalau ada berbagai varian dalam seruan dakwahnya. “Ada yang seruannya dzikir saja, sedekah saja, ada yang menyerukan untuk membuat khoiriyat (kebaikan-kebaikan)  dengan bikin sekolah, bikin rumah sakit, ada yang sufisme dan seterusnya. Oleh karena itu kita harus cermat memahami situasi. Dari pemahaman situasi ini akan melahirkan apa yang disebut qodhiyah masyiriyah (problem utama umat),” tukasnya.
 
Ia mengutip pendapat Syekh Taqiyuddin an-Nabhani yang menjelaskan bahwa problem utama umat Islam hari ini adalah tidak diterapkannya hukum dengan apa  yang diturunkan Allah Swt.
 
Head to Head
 
Untuk menyamakan persepsi arah perjuangan di tengah umat UIY mengatakan  harus ada upaya head to head (kepala ke kepala). “Untuk menjelaskan ini perlu ada dialog head to head (dari kepala ke kepala)  dan heart to heart ( dari hati ke hati),” ujarnya.
 
Upaya semacam ini di masa lalu sudah dilakukan namun hari ini menjadi sulit karena rezim melakukan langkah-langkah yang menimbulkan fraksionalisasi (bagian-bagian)  di tengah-tengah umat antara yang disebut Islam moderat dengan Islam radikal. “Yang moderat jadi susah, yang radikal jadi susah mendekat ke yang moderat, yang  di tengah-tengah menjadi takut,” sesalnya.
 
Fraksionalisasi ini menjadikan perbaikan negara menjadi sulit. Meski demikian UIY berpesan agar tidak mundur dari dakwah.
 
“Harus menjelaskan pelan-pelan dengan cara silah fikriyah dan pendekatan dari hati ke hati,” pungkasnya. [] Irianti Aminatun
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :