Al-Qur’an Dibakar, Dr. Fika: Pola Diplomatik Negeri Muslim Tak Akan Mampu Mengakhiri Masalah - Tinta Media

Selasa, 07 Februari 2023

Al-Qur’an Dibakar, Dr. Fika: Pola Diplomatik Negeri Muslim Tak Akan Mampu Mengakhiri Masalah

Tinta Media - Geostrategist dan Koordinator Fareastern Muslimah, Dr. Fika M. Komara, M.Si. pesimis dengan pola-pola dan struktur diplomatik negeri-negeri muslim dalam merespon pembakaran Al-Qur'an yang dilakukan oleh Rasmus Paludan.

“Saya sendiri pesimis sekali dengan pola-pola dan struktur diplomatik yang ada hari ini. Itu tidak akan menyelesaikan, selalu begitu kan. Pola ketika kaum muslimin itu sudah marah tapi selalu tidak tersalurkan atau selalu termuntahkan,” ujarnya kepada Tinta Media, Senin (5/2/2023)

Ia menganalisis, jika sudah berhubungan dengan sikap penguasa muslim, maka fenomena di atas sudah menjadi sindrom yang terjadi di berbagai belahan dunia. 

"Sebab, dunia Islam saat ini, sebagaimana analisa banyak ahli, salah satunya Samuel Hutington, mereka sebenarnya bukan penguasa inti kaum muslimin. Penguasa-penguasa ini bahkan bisa disebut apolitis dan mayoritas mereka tidak benar-benar berani bersuara karena keterikatan dan loyalitas terhadap Eropa dan Barat itu sendiri," ujarnya. 

Menurutnya, Dunia Islam itu tidak punya performa politik (political performance), termasuk dalam hal militer dan ekonomi  tidak sekuat negara Barat.

Ia pun menyayangkan, pada akhirnya ketika kaum muslimin mengutuk apapun sekedar seperti sumpah serapah, tidak memiliki kekuatan yang benar-benar menggetarkan.

“Ini menjadikan adanya kelemahan pada kepemimpinan politik umat Islam. Jika kita mengacu pada hadis Rasulullah SAW, ‘innamal imamu junnah’, bahwa sesungguhnya imam itu laksana perisai,’ hari ini kaum muslimin, penguasa-penguasa muslim tidak bisa bertindak seperti itu,” bebernya.

Apalagi, menurutnya, ketika Al-Qur'an dibakar, Nabi SAW dihina di Prancis dalam bentuk karikatur, dan tragedi-tragedi yang menimpa kaum muslimin lainnya. "Semakin menunjukkan urgensi kembalinya peran itu (sebagai perisai)," pungkasnya. [] Wafi
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :