Narkoba Mengancam Generasi Penerus Bangsa - Tinta Media

Selasa, 31 Januari 2023

Narkoba Mengancam Generasi Penerus Bangsa

Tinta Media - Artis Revaldo ditangkap untuk ketiga kalinya dalam kasus narkoba. Aktor sinetron "Ada Apa dengan cinta" pada zamannya itu diamankan di Polda Metro Jaya usai ditangkap di apartement Green Pramuka City Jakarta Pusat pada Selasa. (10/1/2023)

Penangkapan Revaldo berawal dari adanya informasi dari masyarakat yang menyampaikan bahwa tempat kejadian perkara kerap digunakan sebagai tempat penyalahgunaan narkoba.

Dari hasil interogasi, tersangka menyatakan bahwa narkotika jenis sabu diperoleh dari seorang yang bernama Tia dan ganja tersebut diperoleh dari seseorang yang bernama Guntur.

Revaldo merupakan residivis di kasus yang sama dan sudah tiga kali mendekam di balik jeruji. Dua di antaranya adalah kasus penyalahgunaan narkoba dan ini merupakan penangkapan yang ketiga kalinya.

Dampak negatif narkoba itu sudah pasti merugikan dan sangat buruk efeknya bagi kesehatan, baik secara mental ataupun fisik, mulai dari penangkapan dan berurusan dengan penegak hukum.

Adapun dampak narkoba secara langsung bagi kejiwaan antara lain bisa menyebabkan depresi mental, gangguan jiwa berat, bunuh diri, hingga melakukan tindak kejahatan, kekerasan, dan pengerusakan. Sedangkan dampak secara  langsung terhadap kesehatan fisik antara lain berupa gangguan pada jantung, hemoprosik, traktur urinarius, otak, tulang, pembulu darah, endorim, kulit, sistem saraf, paru-paru, sistem pencernaan, lalu dapat terinfeksi penyakit menular berbahaya seperti HIV AIDS, hepatitis, herpes, TBC dll.

Meningkatnya kasus narkoba setiap tahunnya sungguh mengiris hati. Apalagi yang menjadi target dan sasaran dari narkoba adalah generasi muda milenial.

Kalau kita telisik lebih jauh, sebenarnya sumber utamanya adalah penerapan sistem kapitalis sekuler dalam masyarakat. Ide sekularisme yang memisahkan agama dari kehidupan membuat generasi muda bertindak tanpa memperhatikan hukum syara'. Mereka hanya berpikir bagaimana caranya untuk memuaskan nafsu dan kesenangan semata. Jiwa mereka kosong dan hati mereka jauh dari Islam.  

Satu-satunya solusi yang mendasar dan menyeluruh terhadap masalah narkoba yang menggurita adalah dengan kembalinya kepada Islam dan menerapkan secara menyeluruh di seluruh aspek kehidupan. Maka dari itu, kita harus mencampakkan sistem impor dari asing, yaitu kapitalisme dan sekularisme yang telah nyata terbukti kebobrokannya dan biang munculnya setiap masalah.
Wallahu'alam bishawwab.

Oleh: Lina Marlina
Ummahat Peduli Umat
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :