Harga Beras Mahal, Fakta: Ini Penyebabnya... - Tinta Media

Senin, 09 Januari 2023

Harga Beras Mahal, Fakta: Ini Penyebabnya...

Tinta Media - Harga Beras Mahal, Dr. Erwin Permana dari Fakta mengungkapkan dua faktor penyebabnya.

"Ini yang menyebabkan harga beras di tanah air mahal yaitu tata kelola yang salah dan permainan oligarki yang merusak harga pasar," tuturnya dalam Kabar Petang: Harga Beras Termahal, Ada Mafia? melalui kanal Youtube Khilafah News, Sabtu (31/12/2022).

Pertama, tata kelola beras. "Panjangnya rantai pasok beras dari petani sampai kepada rumah tangga konsumen akan meningkatkan harga operasional beras itu sendiri," ujarnya. 

Kedua, rusaknya harga pasar. "Yang memiliki kekuatan untuk merusak pasar itu adalah permainan monopoli atau oligarki. Ada importir-importir beras, artinya beras itu hanya dikuasai oleh segelintir orang saja yang pada akhirnya harga beras akan ditentukan oleh mereka,” jelasnya.

Ia menjelaskan bahwa negara yang baik adalah negara yang memenuhi kebutuhan dasar masyarakatnya, oleh karena itu politik yang baik dari negara yang menciptakan kedaulatan pangan bukan hanya sebatas ketahanan pangan saja tetapi juga memastikan produksinya dengan tata kelola sendiri.

“Konsep kebijakan yang dapat memperkuat kedaulatan pangan dalam Islam, dengan penerapan politik ekonomi Islam yang menjamin pemenuhan kebutuhan pokok rakyat dari hasil produksi dalam negeri secara mandiri untuk menghilangkan intervensi negara lain, kecukupan lahan melalui intensifikasi dan ekstensifikasi pertanian, serta memastikan jumlah yang ada terdistribusi secara merata kepada tiap individu warga negara,” pungkasnya. [] Evi

Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :