Muslimah Lebih Memilih Idola K-pop Dibanding Suaminya, Ustazah Reta: Salah dan Menyimpang - Tinta Media

Kamis, 15 Desember 2022

Muslimah Lebih Memilih Idola K-pop Dibanding Suaminya, Ustazah Reta: Salah dan Menyimpang

Tinta Media - Menanggapi cuitan seorang muslimah fans K-pop yang lebih memilih minta cerai dari suaminya daripada ditegur lagi agar tidak berlebihan menyukai idolanya, Pemerhati Generasi dan Keluarga Reta Fajriah menilai ada yang salah dan menyimpang pada muslimah tersebut sehingga berani berlaku tidak ma’ruf kepada suaminya.

“Ada sesuatu yang salah dan menyimpang pada diri muslimah itu yang lebih memilih cerai dari suaminya karena di tegur untuk tidak berlebihan menyukai idola K-pop. Ini kan sikap yang tidak ma’ruf kepada suaminya,” ucapnya prihatin di kanal Youtube Muslimah Media Center pada rubrik Kuntum Khairu Ummah: Fenomena Generasi, Mengorbankan Rumah Tangga Demi Idola pada Ahad (11/12/2022).
 
Secara naluriah, menurut ustadzah Reta, manusia memiliki tiga naluri yaitu naluri melestarikan jenis yang perwujudannya tertarik pada lawan jenis; kemudian naluri mempertahankan diri biasanya penampakannya menginginkan sesuatu dan bersungguh-sungguh untuk mencapainya serta merasa puas jika sudah mendapatkannya; terakhir naluri beragama dengan penampakan ingin menyembah Allah Swt.

“Perempuan tersebut bermasalah pada ketiga naluri tersebut. Pertama pada naluri melestarikan jenis yang menyukai bintang K-pop menunjukkan rasa tertarik kepada lawan jenis padahal sudah bersuami. Kedua, pada naluri mempertahankan diri dia tunjukkan dengan mengoleksi barang-barangnya dan ingin berfoto bersama,” bebernya.

Ustazah Reta menilai ada penyimpangan ketika seseorang sangat mengejar dan menyukai idolanya serta merasa puas jika sudah mengoleksi barang-barang terkait idolanya. “Ini kan penyimpangan ketika dia sudah bersuami lalu tertarik berlebihan kepada laki-laki lain. Padahal ada batasan tertentu dalam pergaulannya,” ujarnya.

Dari sisi naluri beragama juga dinilai ustazah Reta cukup bermasalah. Yang dia idolakan hanya manusia biasa apalagi agamanya berbeda. Padahal sebagai muslim dan muslimah sudah ada tuntunan dalam Al Quran siapa yang harus diidolakan.

Ustazah Reta membacakan QS Al Ahzab ayat 21 :  


لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِيْ رَسُوْلِ اللّٰهِ اُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِّمَنْ كَانَ يَرْجُوا اللّٰهَ وَالْيَوْمَ الْاٰخِرَ وَذَكَرَ اللّٰهَ كَثِيْرًاۗ


“Sungguh, telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari Kiamat dan yang banyak mengingat Allah”.

“Makna dari ayat ini adalah sebagai seorang muslim satu-satunya contoh, idoala, dan teladan tidak lain adalah Rasulullah Muhammad Saw. Dalam tafsir Ibnu Katsir menjelaskan tentang ayat ini maksudnya bahwa Rasulullah SAW adalah pedoman dalam bergaya hidup sehingga seseorang bisa mengontrol diri dan selalu mengintrospeksi sesuai dengan gaya hidup sebagai hamba Allah yang shalih dalam bertutur kata berperilaku dan bersikap,” jelasnya
 
Daripada mengidolakan artis K-pop yang tidak jelas arah hidupnya dan yang pasti juga tidak boleh, ustazah Reta menuturkan lebih baik mengidolakan para sahabat Rasulullah Saw. Para sahabat Rasul tersebut bisa menjadi sumber inspirasi dan motivasi hidup.

Ustazah Reta menambahkan bahwa sebagai seorang istri harus taat kepada suaminya selama tidak memerintahkan kepada kemaksiatan. Selain itu, masuk tidaknya seorang istri ke dalam surga sangat tergantung dari ridanya suami 

Ustazah Reta menyitir beberapa hadist yang membahas ketaatan istri kepada suaminya.
 
Hadits pertama: 

“Jika seorang istri melakukan salat lima waktu, kemudian puasa di bulan Ramadan, memelihara kehormatannya, dan mentaati suaminya, niscaya dia akan masuk surga dari pintu manapun.” (HR Ahmad)
 
Hadits kedua: 
“Tidak ada ketaatan kepada makhluk dalam rangka bermaksiat kepada Al Khaliq.” (HR Bukhari, Muslim, dan Abu Daud)

Hadits ketiga: 

“Maukah kalian ku beritahu siapa orang yang paling baik? Orang yang paling baik adalah istri solehah yang bila suami melihatnya maka membuat suaminya senang, jika suaminya menyuruhnya maka dia akan mentaatinya, kemudian jika suaminya tidak ada, dia akan memelihara harta suaminya.” (HR Abu Daud)

“Hadits-hadits ini memberikan ciri-ciri seorang istri ataupun wanita yang sholeh, yang intinya adalah bagaimana dia taat kepada suaminya selama suami tidak memerintahkan kepada kemaksiatan. Jika suaminya memerintahkan kepada kemaksiatan atau melarang istrinya ketika melaksanakan perintah Allah atau menyuruh istrinya malah melanggar larangan Allah Swt, maka dalam hal seperti ini seorang istri tidak wajib taat,” urainya.

Ustazah Reta memberi nasehatnya untuk para ibu milenial, gadis, atau siapapun jika dia muslimah untuk mencari idola yang sebenarnya sudah ada tuntunannya yaitu satu-satunya idola kita adalah Rasulullah Muhammad Saw. 

“Nah tinggal kita mempelajari bagaimana kehidupan sehari-harinya Rasulullah. Pelajari juga apa yang diajarkan oleh Rasulullah. Insyaa Allah hidup kita di dunia akan selamat, kemudian di akhirat juga akan selamat,” pungkasnya.[] Erlina
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :