JIWA PEMIMPIN YANG HARUS KITA MILIKI - Tinta Media

Sabtu, 31 Desember 2022

JIWA PEMIMPIN YANG HARUS KITA MILIKI

Tinta Media - Sebuah pesawat tidak akan bisa terbang dengan baik tanpa adanya pilot, Kapal tidak akan bisa berlayar dengan baik tanpa adanya nahkoda, dan kereta api tidak akan bisa berjalan dengan baik tanpa adanya masinis. Lantas apakah arti seorang pemimpin yang sesungguhnya?

Pemimpin adalah seseorang yang bisa mempersatukan orang-orang, bisa mengatur dan bisa mengarahkannya untuk mencapai sebuah tujuan tertentu. Seorang pemimpin harus mempunyai kemampuan untuk bisa mengatur lingkungan kepemimpinannya, agar tujuan yang diinginkan tercapai. Seorang pemimpin juga harus bisa mengayomi seluruh anggotanya, agar bisa tercipta sebuah lingkungan yang harmonis dan kerja sama yang baik antar anggota. Karena seorang pemimpin tidak bisa berjalan sendirian tanpa anggotanya, begitu pun sebaliknya. Karena sejatinya seorang pemimpin dan anggotanya harus berjalan bersama-sama untuk mencapai sebuah tujuan.

Seorang pemimpin harus memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi. Tanggung jawab terhadap diri sendiri, tugasnya sebagai pemimpin dan lingkungan sekitarnya. Jika sebuah organisasi dipimpin oleh seorang pemimpin yang tidak memiliki rasa tanggung jawab maka organisasi tersebut tidak akan bisa mencapai tujuan dan akan hancur seiring berjalannya waktu. Karena seorang pemimpin ibarat sebuah mesin kendali, pemimpin lah yang menentukan akan ke manakah arah organisasi tersebut.

Seorang pemimpin juga merupakan sebuah panutan bagi seluruh anggotanya, Karena itulah seorang pemimpin harus bisa memberikan contoh yang baik untuk semua anggotanya. Ingatlah kita semua adalah pemimpin dan akan dimintai pertanggungjawabannya di akhirat nanti. Jangan pernah tergiur dengan sebuah jabatan, karena sesungguhnya terdapat sebuah tanggungjawab yang sangat besar didalamnya. Seorang pemipin juga harus bisa memahami kondisi rakyatnya. 

Nah bagaimana caranya agar bisa tahu mengenai kondisi rakyat yang sesungguhnya? Salah satu caranya adalah dengan berbaur dengan masyarakat tanpa menggunakan tampilan dan kondisi yang mencolok. Sehingga orang lain tidak akan sadar bahwa ada seorang pemimpin yang sedang bersama mereka, dan di saat itulah seorang pemimpin akan mendengar keluh kesah rakyatnya yang sesungguhnya seperti kisah Khalifah Umar bin Khattab.

Kriteria seperti apakah yang dimiliki oleh seorang pemimpin dalam islam? Nabi Muhammad Saw. telah mencontohkannya pada saat beliau menjadi seorang pemimpin. Dalam Islam seorang pemimpin yang baik adalah pemimpin yang memiliki 4 (empat) sifat dalam menjalankan kepemimpinannya, yaitu:

1. Siddiq (jujur).
2. Amanah (bertanggung jawab).
3. Tabligh (penyampai).
4. Fathanah (Cerdas).

Ada sebuah semboyan “Siap dipimpin dan siap memimpin.” Kita harus siap dipimpin oleh orang lain, selagi orang itu baik dan menyebarkan hal-hal yang baik maka kita harus patuh dengan pemimpin tersebut. Tapi ketika pemimpin kita adalah seseorang yang dzolim dan menyebarkan banyak kerugian di masyarakat, maka yang harus kita lakukan adalah menentangnya. Jangan sampai kita hanya berdiam diri ketika kita sadar dan melihat sebuah kedzoliman sedang terjadi di sekitar kita. Dan suatu saat Ketika kita menjadi seorang pemimpin, maka kita harus siap memimpin orang lain dengan rasa tanggung jawab yang tinggi dan bisa mengayomi seluruh anggota.

Oleh : Adhellia Yuri Fatmawati
Mahasiswi
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :