Inilah Orang Cerdas menurut Rasulullah SAW - Tinta Media

Kamis, 01 Desember 2022

Inilah Orang Cerdas menurut Rasulullah SAW

Tinta Media - Ustazah Dedeh Wahidah Achmad menjelaskan bahwa orang cerdas menurut Rasulullah SAW adalah yang mampu  menekan nafsunya dan beramal untuk kehidupan setelah kematian.

Ustazah Dedeh mengutarakan sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam At-Tirmidzi nomor 2459, "Rasulullah SAW bersabda bahwa orang cerdas (al-kayyisu) adalah orang yang mampu mengelola nafsunya, jiwanya, dirinya dalam beramal untuk hari penghisaban," tuturnya dalam acara Tsaqafah Islam: Siapakah Orang yang Cerdas? Senin (28/11/2022) melalui kanal Youtube Muslimah Media Center.

"Terwujudnya al-kayyisu yang sempurna yaitu ketika terikat kepada syariah Islam secara kaffah dalam segala aspek kehidupannya," tegasnya.
 
Ustazah Dedeh menjelaskan, orang yang cerdas itu ketika berpikir secara islami, ketika berbicara maka lisannya mengajak kepada ajaran Allah, perilakunya sesuai dengan rambu-rambu syariah.

"Hidupnya akan dipenuhi dengan amal ibadah, yakni amalan yang bernilai untuk kehidupan akhirat," tuturnya. 

Menurutnya, amal ibadah bukan sekedar ibadah mahdhah tetapi amal shalih itu adalah semua amal yang dilakukan di dunia ini yang memenuhi dua syarat, pertama niat karena Allah, yang kedua dilakukan sesuai tuntunan syariat," tuturnya.

Oleh karena itu, katanya, orang yang cerdas senantiasa terdorong untuk mengkaji ilmu-ilmu syariah, bukan hanya mengejar ilmu-ilmu ke duniaan saja. "Sebaliknya, orang yang azis (lemah) atau bodoh adalah orang yang mengikuti hawa nafsunya," ujarnya. 

Menurutnya, kalau orang tidak mau diatur oleh syariah Islam berarti pada saat itu dia sudah mengikuti ajakan hawa nafsunya. "Standar yang mengatur kehidupan adalah hawa nafsunya," tegasnya.

Untuk mewujudkan orang-orang yang cerdas dalam kehidupan ini, menurutnya, perlu upaya bersama untuk memperjuangkan Khilafah Islamiyah.

"Tidak cukup hanya kita sendiri dan keluarga, tapi kita juga harus berupaya mewujudkan Khilafah Islamiyah, yang akan melahirkan generasi-generasi cerdas, menjadi khairu ummah dengan penerapan syariah Islam secara kaffah," pungkasnya. [] Evi
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :