Pondasi Dasar Menjadi Mastering Public Speaking - Tinta Media

Jumat, 25 November 2022

Pondasi Dasar Menjadi Mastering Public Speaking

Tinta Media - Sobat. Seringkali saya diminta menjadi coach dalam mastering public speaking, dalam tulisan kali saya akan membahas pondasi dasar untuk menjadi mastering public speaking. Untuk memperoleh kepercayaan diri, keberanian, serta kemampuan berfikir dengan tenang dan jelas ketika berbicara kepada sekelompok orang tidaklah sesulit yang sering dibayangkan kebanyakan orang. Siapa pun bisa mengembangkan potensinya yang tersembunyi jika ada keinginan yang cukup untuk melakukannya.

Sobat. Ada 4 hal  dasar  yang harus anda pelajari untuk bisa menjadi mastering public speaking dan merasakan manfaat dari pelatihan ini :

1. Mulailah  dengan hasrat yang kuat dan gigih. Jika hasrat anda lemah, pencapaian Anda juga  akan  selemah itu. Namun, jika anda gigih dan memiliki hasrat yang menyala-nyala, maka tidak ada yang mengalahkan Anda di alam semesta ini. Oleh karenanya bangkitkan semangat Anda untuk mempelajari pelatihan ini. Hitunglah manfaatnya. Pikirkan apa artinya ini bagi Anda terkait meningkatkan kepercayaan diri dan kemampuan untuk berbicara lebih meyakinkan dan kredibel. Pikirkan apa artinya dari sisi spiritual, dakwah, social dan finansial. Pelatihan ini akan membuat Anda lebih cepat memperoleh kepemimpinan dan meningkatkan pengaruh pribadi anda. Intinya sobat. Buatlah  semudah mungkin  untuk terus maju dan berkembang, dan buatlah sesulit mungkin untuk mundur.

2. Ketahuilah  sepenuhnya apa yang akan anda katakan. Anda tidak akan  bisa merasa nyaman  ketika berhadapan dengan para pendengar Anda jika belum memikirkan isi pembicaraan  serta tahu apa yang akan dikatakan. Ibaratnya anda seperti orang buta yang membimbing orang buta. Dalam keadaan seperti itu, anda harus sadar diri, harus merasa penuh penyesalan, dan harus malu karena ketidaktahuan Anda. Ada nasehat penting dalam hal ini, “Jangan berbicara sampai kamu yakin  punya sesuatu untuk dikatakan, dan ketahuilah itu saja,lalu katakan, dan duduk.”

3. Bertindaklah  dengan penuh percaya diri. Jadi beranilah bertindak seolah-olah kita pemberani, gunakan seluruh kehendak kita pada tujuan itu, dan rasa  berani itu akan sangat mungkin  menggantikan rasa takut. Pertahanan terbaik adalah menyerang. Jadi seranglah ketakutan Anda. Temui rasa takut itu, perangi mereka dan taklukkan mereka dengan keberanian besar  di setiap kesempatan yang ada.

4. Latihan! Latihan! Latihan!   Apa yang diperlukan seorang pembicara bukanlah hanya keberanian, melainkan kendali saraf, dan kepala dingin. Ini hanya bisa dicapai dengan dengan praktek nyata. Hanya dengan kebiasaan dan latihan penguasaan diri berulang-ulang , barulah saraf bisa dikendalikan sepenuhnya. Sebagian besar permasalahannya adalah tentang kebiasaan; dengan usaha dan latihan kehendak yang berulang-ulang seorang pembicara akan tumbuh semakin kuat.

Sobat. Saya tutup artikel saya dengan pesan yang dikemukakan oleh James Robinson dalam bukunya The Mind in the making, “ Ketakutan adalah bagian dari kebodohan dan ketidakpastian.” Atau dengan kata lain bahwa kebodohan adalah hasil dari kurangnya rasa percaya diri.

Yuk ikuti dan bergabunglah dengan komunitas SAE yang memberdayakan potensi diri Anda. Kontak Irham 0897-1780-037

Salam Dahsyat dan Luar Biasa!

(Dr. N.Faqih Syarif H, M.Si. Spiritual Motivator, Penulis buku-buku best Motivation penerbit Erlangga Jakarta, Coach Pengusaha Hijrah)
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :