Kolonisabilitas, Fika Komara: Masyarakat Sedang Dieksploitasi Berlimpahnya Produk - Tinta Media

Sabtu, 05 November 2022

Kolonisabilitas, Fika Komara: Masyarakat Sedang Dieksploitasi Berlimpahnya Produk

Tinta Media - Direktur Institute Muslimah Negarawan Dr. Fika Komara menilai, masyarakat saat ini sedang dieksploitasi banyaknya produk melalui pola konsumerisasi.

“Kita sebenarnya pada posisi di era keberlimpahan produk hari ini. Dari mulai produk macam-macam itu ada, kita memang di eksploitasi sebenarnya. Dari sisi sebagai konsumen terutama, dan eksploitasi ini bukan tanpa nilai karena di sini memang kita melihat akhirnya proses hegemoni akal dan pikiran masyarakat atau publik itu justru melalui marketisasi, konsumerisme dan lain sebagainya,” jelasnya pada acara Muslimah Negarawan, Mengenal Kolonisabilitas: Ciri Bangsa yang Terjajah, Senin (31/11/2022) di kanal YouTube Peradaban Islam ID.
 
Menurutnya, jika masyarakat akan terus mengikuti arus yang dianggap vive dan keren. “Yang dianggap keren gitu. Nggak keren kalau nggak nongkrong di cafe, nggak keren kalau nggak beli lagi. Terpuji dan tercela, standar nilainya sudah diabaikan,” terangnya.

Dr. Fika juga meminta masyarakat untuk merenungkan, apakah memang masyarakat secara sukarela menjadi seperti itu. “Kalau bicara dijajah kan biasanya identik dengan keterpaksaan. Ini kan seperti disihir gitu ya. Ini tidak dipaksa, mereka suka rela untuk berbondong-bondong, berjubel-jubel gitu ya, sampai kemudian akhirnya berujung pada meregang nyawa,” ujarnya.

Banyak ilmuwan, lanjutnya, mengatakan era sekarang dengan istilah ‘The Down of Conciousness’ atau era menurunnya kesadaran manusia. “Karena justru teknik-teknik artificial inteligent, teknik-teknik konsumeristik, marketisasi atau era disrupsi, mereka sampai pendekatan yang luar biasa untuk mempengaruhi hormon dan saraf manusia agar membeli produk tertentu atau menjadi penikmat jasa tertentu,” pungkasnya.[] Wafi
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :