Jagalah Allah dengan Berjuang Menegakkan Khilafah Maka Allah Akan Menjaga Kita - Tinta Media

Sabtu, 26 November 2022

Jagalah Allah dengan Berjuang Menegakkan Khilafah Maka Allah Akan Menjaga Kita

Tinta Media - Ada satu nasihat yang pernah disampaikan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pada sahabat junior, Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma, berikut potongan hadits tersebut yang penuh makna,

احْفَظِ اللَّهَ يَحْفَظْكَ

“Jagalah hak Allah, niscaya Allah akan menjagamu.” (HR. Tirmidzi, no. 2516 dan Ahmad, 1:293. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan).

Disebutkan dalam Jami’ Al-‘Ulum wa Al-Hikam (1:462), yang dimaksud menjaga hak Allah di sini adalah menjaga batasan-batasan, hak-hak, perintah, dan larangan-larangan Allah. Yaitu seseorang menjaganya dengan melaksanakan perintah Allah, menjauhi larangan-Nya, dan tidak melampaui batas dari batasan-Nya (berupa perintah maupun larangan Allah). Inilah yang disebutkan dalam firman Allah,

هَذَا مَا تُوعَدُونَ لِكُلِّ أَوَّابٍ حَفِيظٍ ,مَنْ خَشِيَ الرَّحْمَنَ بِالْغَيْبِ وَجَاءَ بِقَلْبٍ مُنِيبٍ

“Inilah yang dijanjikan kepadamu, (yaitu) kepada Setiap hamba yang selalu kembali (kepada Allah) lagi memelihara (semua peraturan-peraturan-Nya), (yaitu) orang yang takut kepada Tuhan yang Maha Pemurah sedang Dia tidak kelihatan (olehnya) dan Dia datang dengan hati yang bertaubat.” (QS. Qaaf: 32-33)

Pendek kata menjaga Allah adalah dengan mentaatiNya. Melaksanakan seluruh perintahNya dan menjauhi seluruh laranganNya.

Hanya saja penjelasan tema ini selama ini biasanya terbatas pada aktifitas pribadi seperti:

Menjaga sholat, puasa, dan berbagai kewajiban lain. Menjaga perut dan kemaluan. Menjaga hati dan lisan. Menuntut ilmu dll. Memang perkara perkara ini mutlak harus dilakukan seorang muslim.

Sementara terkait perjuangan membela dan menegakkan Islam biasanya belum disinggung secara khusus. Mungkin karena dulu sistem khilafah yang menjadi sandaran sistem Islam kaffah masih eksis. Namun saat sekarang ini ketika khilafah yang menjamin teraihnya ketaatan kaffah itu tidak ada maka hal ini penting untuk ditegaskan.

 Bahwa salah satu yang terpenting di samping mentaati Allah sebagaimana sudah dijelaskan oleh para ulama sebelumnya, adalah berjuang menegakkan khilafah. Tentu kewajiban terpenting ini akan merupakan bentuk penjagaan kepada Allah yang besar dan akan berdampak pada penjagaan Allah kepada kita. Karena itu merupakan bentuk ketaatan terbesar.

Maka jagalah Allah dengan Berjuang menegakkan khilafah maka Allah akan menjaga kita dan memudahkan segala urusan kita. Wallaahu a'lam.[]

Ustaz Abu Zaid 
Tabayyun Center 
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :